85 Hektar Tanaman Jagung Terendam Air, Petani di Desa Sumber Terancam Gagal Panen

85 Hektar Tanaman Jagung Terendam Air, Petani di Desa Sumber Terancam Gagal Panen Petani mencabuti jagung yang terendam air untuk dijadikan pakan ternak. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekitar 85 hektar lebih tanaman jagung milik petani di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban terendam air. Akibatnya, musim ini para petani di desa itu terancam gagal panen lantaran jagung menjadi busuk.

Informasi di lapangan, tanaman jagung tersebut terendam karena intensitas hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini.

“Rata-rata kerugian petani dalam setiap hektarnya mencapai 10 sampai 12 juta,” papar Plt Kepala Desa Sumber, Zainul Arifin, Jumat (14/10). “Bila ditotal kerugiannya mencapai ratusan juta rupiah,” sambungnya.

Kata dia, saat ini pihak desa sudah melaporkan pada kecamatan dan Dinas Pertanian Kabupaten Tuban.

Sedangkan, petani yang tanamannya terendam air saat ini hanya pasrah sambil menunggu cuaca cerah dan air surut. Zainul berharap ada bantuan dari pemerintah untuk petani.

"Minimal ada bantuan berupa bibit maupun dana tanam ulang bagi petani di Desa Sumber. Semoga pemerintah segera turun tangan membantu para petani," harapnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban, Mustarikah belum memberikan komentar terkait kondisi itu. Saat dihubungi melalui ponselnya, ia tidak menjawab. Begitu pula ketika dikirim pesan pendek yang bersangkuta juga belum ada membalas. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO