Suroan, Warga Bektiharjo Gelar Barik’an di Sendang

Suroan, Warga Bektiharjo Gelar Barik’an di Sendang Warga menggelar Barik'an di Wisata Sendang Bektiharjo. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten menggelar barik’an atau sedekah di wisata Sendang Bektiharjo, dalam rangka menyambut tahun baru muharram 1438 hijiriyah Sabtu (1/10) malam.

Mereka tidak hanya sekedar barik’an dengan membawa makanan dari hasil bumi. Akan tetapi, juga menggelar doa’ bersama yang kemudian dilanjutkan beramai-ramai memberi makan ikan dan kera yang berada di kawasan Sendang.

Juru Kunci Sendang Bektiharjo, Hartono mengatakan, acara ini setiap tahun selalu digelar untuk menyambut tahun baru hijriyah atau suroan. "Jangan sampai salah mengartikan, bahwa acara ini merupakan ungkapan rasa syukur warga karena masih bisa bertemu dengan tahun baru Hijriyah. Dari sini juga untuk menciptakan kerukunan antar warga masyarakat desa,” ungkap Hartono.

Ia menambahkan, dengan adanya barik’an warga berharap mendapatkan kebaikan di masa mendatang seperti kesehatan dan rezeki yang lancar serta berkah.

“Setelah menggelar doa bersama. Kita bareng-bareng melakukan bersih-bersih diri dengan air yang berasal dari sumber,” terangnya.

Sementara pemberian makanan kepada ikan yang ada di kawasan wisata Pemandian Bektiharjo sebagai penanda bahwa hidup manusia selalu berdampingan dengan kondisi dan lingkungan alam.

“Selain memberi makan ikan, warga juga memberi makan kera yang ada di sekitar sendang,” cetusnya.

“Semoga warga diberi kesehatan dan rizki yang lancar,” pungkasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO