Ziarah ke Makam Putri Sekardadu Sawohan Sidoarjo, Susuri Pematang Tambak 10 km

Ziarah ke Makam Putri Sekardadu Sawohan Sidoarjo, Susuri Pematang Tambak 10 km Juru kunci Samian, dengan latar belakang Makam Dewi Sekardadu. Foto: faratiti dewi/vBANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Makam Dewi Sekardadu terletak di Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kota . Atau berjarak sekitaran 25 km dari terminal Purabaya Bungurasih.

Untuk mencapai malam ini, bisa melalui jalan darat, dengan menyusuri pematang tambak, atau melalui sungai dengan perahu yang berangkat dari kota .

Penuturan Samian, masyarakat setempat selalu mengunjungi makam ini untuk berziarah dan berdoa, terutama pada upacara nyadran, yang digelar setiap bulan Ruwah, yaitu seminggu sebelum Ramadan.

“Untuk mencapai kawasan wisata religi makam Putri Ayu Dewi Sekardadu ini mempunyai dua rute berbeda, yaitu melalui daratan masuk di Desa Damarsari, kemudian mengikuti jalan aspal sekitar 5 km, sampai di Desa Sawohan. Apabila melalui laut dari Alun-Alun , menuju Desa Bluru Kidul, kemudian bisa menyewa/menumpang perahu nelayan untuk sampai di desa sawohan,” pandu dia.

Perjalanan yang ditempuh menuju makam ini melewati pembatas tambak (pematang tambak) sejauh 10 km, jalan yang berbelok-belok, dimulai dari yang ada pavingnya hingga jalan yang masih tanah. Jika hujan maka kondisi jalan menjadi licin.

“Makam Putri Ayu Dewi Sekardadu ramai dikunjungi pada hari Sabtu-Minggu atau hari libur. Pengunjungnya sampai 300 orang dalam 1 hari. Kalau hari biasa pengunjung hanya 2-3 orang.”

“Pengunjung makam ini pun beragam tidak hanya dari kota saja. Namun, banyak dari kota lain seperti Malang, Lamongan, Probolinggo, Surabaya, Jember dll. Karena mengingat Makam Putri ini, ada ibu kandung Sunan Giri, sehingga masyarakat sering ziarah ke sini untuk berdoa memohon kepada Allah SWT,” ungkap Samian.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO