Upacara Adat Longkangan di Trenggalek, Mensyukuri Hasil Laut yang Melimpah

Upacara Adat Longkangan di Trenggalek, Mensyukuri Hasil Laut yang Melimpah Adat Longkangan yang dihadiri Kasdim 0806/ Trenggalek Mayor Inf Misirin, Waka Polres Trenggalek Kompol Kuswara, Ketua PN Kabupaten Trenggalek Intel Kejaksaan Trenggalek M Taufik, Muspika Munjungan.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Sebagai rasa syukur Kepada Alloh SWT bertempat di Pantai Blado Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten diadakan Upacara Adat Longkangan, yang dipimpin Kepala Desa Masaran, Purwito.

Acara Upacara Adat Longkangan yang dihadiri Kasdim 0806/ Mayor Inf Misirin, Waka Polres Kompol Kuswara, Ketua PN Kabupaten Bambang Nurcahyono, Kasi Intel Kejaksaan M Taufik, Muspika Munjungan, tamu undangan dan Warga masyarakat Desa Masaran.

Dalam rilis yang dikirik ke Bangsaonline, Sabtu (3/9), upara adat diawali dengan kirab Tumpeng dari rumah tooh setempat, Lahuri menuju Pantai Blado diiringi Drum Band dari SMPN 1 Munjungan.

Menurut Ketua Panitia, Joto, terimakasih disampikan kepada seluruh tamu undangan. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai bentuk ucapan syukur dari warga Nelayan Munjungan kapada Allah SWT atas hasil laut yang melimpah. Dia berharap, para Nelayan selalu berada dalam lindungan-Nya.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati M. Nur Arifin mewakili Bupati mengatakan, acara Adat Longkangan ini merupakan tradisi yang harus dilestarikan. “Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rejeki yang melimpah dan para nelayan diberikan kesehatan dan keselamatan,” tutur Wabup.

Sebelum Larung Tumpeng dilakukan, terlebih dahulu diadakan pembacaan Doa agar diberi kesehatan dan keselamatan serta rejeki yang melimpah.

Larung Tumpeng ke laut dilakukan oleh Wakil Bupati didampingi Muspika dan warga Desa Masaran dilanjut Wakil Bupati M. Nur Arifin dan rombongan meninjau Sumber Air di Ponpes Nurul Ulum Desa Munjungan. (penrem081)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO