Minggu, 31 Mei 2020 22:40

Petugas Gabungan Operasi Yustisi di Jalan Pahlawan Sidoarjo, tak Bawa KTP Langsung Didenda

Kamis, 25 Agustus 2016 14:15 WIB
Wartawan: Catur A Erlambang
Petugas Gabungan Operasi Yustisi di Jalan Pahlawan Sidoarjo, tak Bawa KTP Langsung Didenda

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ratusan petugas gabungan dari Satpol PP Pemkab Sidoarjo, TNI, Polri, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpendukcapil) menggelar operasi Yustisi di Jalan Pahlawan Sidoarjo.

Setiap pengendara yang melintas diperiksa kartu identitasnya. Bagi yang tidak membawa KTP, langsung diminta menjalani sidang di tempat dan membayar denda maksimal Rp 50 ribu, minimal Rp 30 ribu.

"Operasi Yustisi digelar untuk memeriksa warga yang kedapatan tidak membawa kartu identitas. Selain itu, bagi warga yang diketahui memiliki KTP ganda, petugas akan langsung menarik salah satunya," kata Oscar Basong Kabid Penyuluhan dan Pengaduan Dispendukcapil Sidoarjo pada wartawan di lokasi razia KTP, Kamis (25/08)

"Ini pemeriksaan bagi mereka yang tidak membawa KTP atau mereka lupa membawa KTP. Dalam operasi ini mereka yang tidak membawa KTP langsung ditindak di tempat dengan membayar denda paling banyak Rp 50 ribu dan paling sedikit Rp 30 ribu," imbuhnya.

Oscar Basong menjelaskan, dari temuan yang ada, rata-rata warga mengaku lupa membawa KTP. Beberapa di antaranya juga banyak mengaku masih memproses KTP terbarunya. Namun, ketika ditanya bukti pengurusan KTP tersebut, warga yang bersangkutan tidak bisa menunjukkannya.

"Kalau alasannya masih dalam proses, mana surat keterangan KTP sementaranya? Harusnya punya," tandasnya.

Dijelaskan Oscar, setiap pengurusan KTP, warga akan mendapatkan surat keterangan pengganti KTP sementara yang dikeluarkan oleh Camat setempat. "Harus ada surat keterangan yang dikeluarkan Camat. Aturannya seperti itu," jelasnya.

Salah satu pengendara sepeda motor yang terjaring operasi yustisi Zaenal Abidin (60) warga Kelurahan Pagerwojo Buduran Sidoarjo, mengapresiasi razia ini sekaligus menyayangkannya.

"Dengan dilakukan razia seperti ini itu sangat bagus, namun sayang langsung terkena denda. KTP saya masih dalam proses, hanya diberikan tanda terima pengurusan KTP. Kebetulan tidak saya bawa," ujarnya pada wartawan.

Sementara itu di tempat yang sama Heri Sucahnyono Kabid Penegaakan UU Daerah Satpol PP Pemkap Sidoarjo mengatakan, operasi ini melibatkan 150 personil gabungan. "Petugas yang terlibat yakni dari Dinas Dispendukcapil, Satpol PP, Polisi, TNI, serta dari Kejaksaan dan Pengadilan karena yang tidak membawa KTP langsung di tindak di tempat," pungkasnya. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...