Waduh, Upacara Belum Selesai, Sejumlah PNS di Tuban sudah Bubarkan Diri

Waduh, Upacara Belum Selesai, Sejumlah PNS di Tuban sudah Bubarkan Diri Tampak oknum PNS bubar dari barisan sebelum upacara selesai. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Momentum upacara pengibaran bendera merah putih parayaan Hari Kemerdekaan RI ke-71 di Alun-alun Tuban, Rabu (17/8) nampaknya berjalan kurang khidmat. Pasalnya, upacara tersebut diwarnai aksi tidak pantas oleh sejumlah PNS di lingkungan pemkab.

Pantauan di lapangan, banyak oknum abdi negera tersebut membubarkan diri sebelum acara upacara bendera selesai. Satu per satu mereka tampak mundur dari barisan yang berada di sebelah barat Alun-alun. Bahkan, banyak juga para abdi negara yang ngerumpi sendiri saat upacara berlangsung. 

Para oknum abdi negara yang bubar itu memilih menghindar saat hendak diwawancarai BANGSAONLINE.com.

Aksi ini mendapatkan sorotan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban. Ketua Komisi B, Karjo, menyayangkan sikap yang dilakukan oleh abdi negara tersebut. Menurut Karjo, sebagai peserta upacara, apalagi seorang PNS, seharusnya mengikuti protap yang ada.

"Bukan malah memberi contoh yang tidak baik. Pelaksanaan upacara kan ada protap, bukan malah bubar sebelum upacara selesai,” kecamnya.

Karjo pun mempertanyakan nasionalisme oknum PNS yang bubar lebih dulu dalam upacara tersebut. "Jika memiliki jiwa nasionalisme tidak akan mungkin membubarkan diri sebelum pelaksanaan upacara selesai," ujarnya

“Dari kejadian itu maka perlu adanya pembinaan kepada para oknum abdi negara itu, agar kejadian itu tidak kembali terjadi,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan upacara bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini diikuti seluruh pelajar SMP dan SMA di wilayah kota. Selain itu, juga terdapat mahasiswa asal perguruan tinggi di Tuban. Kemudian, barisan di sisi barat alun-alun diisi oleh beberapa pasukan Banser, Satpam, para abdi negara, Linmas, TNI dan Polri. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO