Berkat Kulit Udang, Mahasiswi ITS Raih Emas

Berkat Kulit Udang, Mahasiswi ITS Raih Emas Tunjung Rahmawati menunjukkan piagam dan medali emasnya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tunjung Rahmawati, mahasiswi semester 4 jurusan Kimia Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, meraih emas dari Macau International Innovation and Invention Expo 2016. Lomba berlangsung selama tiga hari mulai 8 Juli 2016 di Macau.

Karya Tunjung berjudul ‘Fabrication of Chitosan-based Membrane for Salt Removal’. Dalam karya tulis tersebut, dia menggunakan limbah kulit udang yang diubah menjadi membran kitosan. Membran tersebut kemudian digunakan untuk mengurangi kadar garam dalam air. Setelah melakukan uji salinitas, membran tersebut terbukti efektif mengurangi kadar garam hingga 75 persen.

Dikatakan Tunjung, untuk merampungkan karya tersebut, ia melakukan penelitian sekitar tiga bulan. “Penelitian ini saya mulai dari April hingga akhirnya selesai Juni lalu,” ungkap dia, Rabu (20/7).

Bukanlah hal mudah bagi Tunjung untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sebab selain meneliti seorang diri, ia bahkan harus mencari pembimbing yang paham akan pembuatan membran. “Saya dibimbing oleh Drs Lukma Atmaja MSi PhD dari Jurusan Kimia ITS,” tutur mahasiswi semester empat tersebut.

Tunjung mengungkapkan bahwa penelitiannya tersebut masih belum sempurna. Awalnya, Tunjung berniat melakukan penelitian karakterisasi material untuk mengamati struktur morfologi membran buatannya. Namun, karena waktu yang mendesak, ia pun mengurungkan niatnya tersebut. Meski demikian, karya penelitian tersebut ia rampungkan tepat waktu dengan sangat baik.

Selama kegiatan Expo, Tunjung bersaing dengan puluhan peneliti yang berasal dari berbagai belahan dunia. Terdapat berbagai peneliti yang berasal dari Indonesia, China, Hongkong, Taiwan, Belanda, Polandia dan beberapa negara lainnya,

Dirinya percaya, bahwa mahasiswa dari ITS mampu bersaing di kancah internasional. “Karya penelitian mahasiswa ITS tak kalah baik dari penelitian mahasiswa asing. Asal dikerjakan dengan baik, dan percaya diri menyampaikannya di presentasi, pasti bisa juara,” pungkas dia. (dev/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO