Lebaran, Seniman Reog dari Berbagai Daerah Tampil Bareng dan Resmikan Rumah Bantarangin di Ponorogo

Lebaran, Seniman Reog dari Berbagai Daerah Tampil Bareng dan Resmikan Rumah Bantarangin di Ponorogo

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Momentum Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah dimanfaatkan oleh pegiat dan seniman reyog dari berbagai daerah dengan menggelar pentas kesenian tradisional Reog Ponorogo. Para pegiat dan seniman reog yang sedang "mudik" lebaran (pulang kampung) berkumpul di Rumah Bantarangin, Ponorogo, Sabtu (9/7).

Pengurus Komunikasi Komunitas Reog Ponorogo (KRP) Bidang Informasi, Dokumentasi, dan Komunikasi, Aviseno Restuhari Kitul mengatakan pentas seni Reyog Ponorogo dimeriahkan sebanyak 10 dadak merak.

"Selain pentas seni, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi antar pegiat dan seniman reyog dari berbagai daerah untuk saling bertukar informasi perkembangan seni Reyog Ponorogo di daerah masing-masing," kata Kitul.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan peresmian Rumah Bantarangin milik Ketua Komunitas Reog Ponorogo (KRP) Jabodetabek dan pimpinan grup Reog "Bantarangin" Jakarta, Suyatno. Rumah Bantarangin tersebut berlokasi tidak jauh dari Petilasan Bantarangin di Kelurahan Somoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo.

"Acara ini sekaligus syukuran atas selesainya Rumah Bantarangin. Mudah-mudahan dapat dipakai untuk pengembangan seni reog maupun kesenian lain di Ponorogo," pungkas Kitul.

Atraksi seni reog Ponorogo yang berlangsung dari siang hari sampai sore hari berlangsung cukup meriah dengan disaksikan ratusan penonton dari masyarakat sekitar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO