Sabtu, 26 September 2020 09:12

Razia Jelang Arus Mudik, Dishub Jombang Temukan Kaca Bus Pecah hingga Ban Vulkanisir

Selasa, 21 Juni 2016 11:55 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: Rony Suhartomo
Razia Jelang Arus Mudik, Dishub Jombang Temukan Kaca Bus Pecah hingga Ban Vulkanisir
Petugas Dishub memeriksa bus penumpang di terminal Kepuh Sari, Jombang, Selasa (21/6/2016) pagi ini. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Razia petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Jombang di terminal Kapuhsari, Kabupaten Jombang berhasil menjaring dua Bus, Selasa (21/6/2016).

Dua kendaraan yang kaca depannya pecah dan menggunakan ban vulkanisir ditilang di tempat oleh petugas.

Razia kelayakan armada bus ini berlangsung sekitar pukul 08.30 WIB. Seluruh armada bus berbagai jurusanyang masuk ke terminal Kepuhsari, tak satupun luput dari pengecekan petugas. Selain kondisi fisik, razia yang juga melibatkan aparat Satlantas Polres Jombang ini.

"Hari ini kami menggelar razia kelayakan angkutan barang dan manusia. Hasilnya, untuk sementara hanya dua kendaraan yang kita dapati. Satu kendaraan dengan kaca pecah, sedangkan satu bus menggunakan ban vulkanisir," ujar Kepala Dishub Kabupaten Jombang, Imam Sudjianto kepada awak media.

Ia menambahkan, jumlah kendaraan yang terjaring razia kelayakan jelang mudik lebaran ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Menurut Imam, hal ini disebabkan karena para pemilik armada sudah mulai sadar akan pentingnya keselamatan bagi penumpang. Sebab, setiap tahun operasi serupa selalu dilakukan Dishub Jombang.

"Jauh sekarang. Kita lihat sama-sama.tadi, hampir semua kendaraan laik jalan seluruhnya. Hanya ada satu dua saja yang terkena sanksi. Namun keduanya merupakan pelanggaran ringan, sehingga kita kenakan tilang dan memberikan peringatan agar segera diperbaiki," imbuhnya.

Kendati demikian, lanjut Imam pihaknya akan melakukan razia serupa pada beberapa hari kedepan. Hal itu tak lain untuk lebih memberikan kenyamanan bagi para pengguna transportasi umum pada mudik lebaran nanti. Selain itu juga untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan lalulintas.

"Selama tiga hari ke depan kita akan lakukan razia serupa. Kemudian nanti kita akan lakukan cek kesehatan dadakan bagi awak armada bus. Hal ini untuk menghindari adanya penyalahgunaan narkoba yang bagi awak armada bus," tandasnya.

Sementara itu, Ripin (40) sopir bus Panda Putih jurusan Surabaya-Ponorogo yang terkena tilang akibat kaca bagian depannya pecah mengaku pasrah. Ia pun menyadari jika pecahnya kaca bagian depan bus yang dikemudikannya bisa membahayakan penumpang.

"Ya bagaimana lagi, memang melanggar ini. Nanti sampai garasi saya langsung minta ganti. Biar semua juga aman. Kamu para sopir juga tidak ingin terjadi apapun saat di perjalanan," tandasnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...