Peringati Harlah Pancasila, PDIP Gresik Tasyakuran

Peringati Harlah Pancasila, PDIP Gresik Tasyakuran Ketua DPC PDIP Gresik, Ir. Hj Siti Muafiyah menyerahkan potongan tumpeng kepada sesepuh PDIP Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPC PDIP Kabupaten Gresik menggelar tasyakuran memperingati Harlah (hari lahir) Pancasila 1 Juni 2016, di kantor DPC , Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik, Rabu (1/6), malam.

Tasyakuran tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPC , Ir.Hj.Siti Muafiyah dan dihadiri puluhan pengurus DPC PDIP serta simpatisan.

Sebelum tasyakuran dimulai, Ketua DPC PDIP memimpin mengheningkan cipta untuk mendoakan para pendiri bangsa dan para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Muafiyah yang membacakan sambutan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarno Putri mengatakan bahwa pada 1 Juni 1945,  Presiden RI pertama, Soekarno, mengumandangkan sebuah pidato maha penting di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Pidato yang kemudian dirumuskan dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan nilai-nilai Pancasila yang digali Bung Karno dari persada Indonesia.

"Pidato ini maha penting bagi kita sebagai bangsa, karena dua alasan mendasar," tuturnya.

Dua alasan tersebut, pertama, Pancasila telah menjadi norma fundamen, filsafat, pikiran yang sejernih-jernihnya, jiwa, serta hasrat yang sedalam-dalamnya untuk di atasnya didirikan gedung Indonesia Merdeka yang kekal dan abadi. Dasar yang diperlukan sebagai syarat agar kita bisa mengklaim diri sebagai sebuah negara merdeka.

Dalam kedudukan yang demikian, Pancasila telah menjadi roh yang membimbing arah perjuangan mencapai Indonesia yang merdeka dan berdaulat penuh.

Tapi lebih dari itu, Pancasila telah menjadi bintang penuntun bagi bangsa ini dalam mengarungi masa depan yang masih jauh membentang di hadapan berlapis-lapis generasi yang akan datang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO