Kubah Masjid Jamik Pamekasan Miring dan Rusak, Bupati Tak Peduli

Kubah Masjid Jamik Pamekasan Miring dan Rusak, Bupati Tak Peduli Tampak dalam lingkaran merah kubah Masjid Jamik Asy-Suhada Kabupaten Pamekasan Madura miring dan rusak. foto: erry sugianto

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Moncong kubah Masjid Jamik Asy-Suhada Kabupaten Madura terlihat rusak dan miring. Masjid Jamik yang terletak di jalan masegit ini dulu bernama "Masighit Rato" atau masjid Raja Masjid ini pernah direnovasi total ketika H. Dwiatmo Atmojo menjabat bupati pada tahun 1987. Namun bupati berikutnya tak ada yang peduli terhadap kondisi masjid bersejarah ini.

Achmad, warga yang rumahnya terletak belakang Masjid Jamik, menuturkan bahwa kerusan itu sudah lama. ”Kalau yang saya lihat atas kubah itu sudah agak lama rusak tapi kalau yang miring baru- baru ini,” ujarnya.

Halim, tokoh Lembaga Pembela Islam (LPI) juga menuturkan, sebetulnya sudah hampir dua tahun kubah itu rusak. Tapi hingga kini belum ada perbaikan.

”Malah saya dapat laporan dari masyarakat sekitar masjid Asy-Suhada, salah satu operator telepon seluler mengontrak menara tower masjid. Lalu kemana uang kontrak kalau masjid yang rusak tidak di perbaiki," kata Halim heran.

Sementara Abdul Mukti, salah satu pengurus masjidtersebut, ketika dikonfirmasi Erry Sugianto, wartawan bangsaonline.com di melalui telepon selular mengaku sudah mengajukan proposal kepada Bupati untuk memperbaiki kubah tersebut. Tapi hingga kini belum ada respon. "Kalau masjid tidak ada dana untuk itu (perbaikan kubah, red), karena dana masjid hanya dari infak jemaah saja" ujar Mukti.

Ditanya tentang kontrak tower masjid dengan salah satu operator telepon seluler, Abd. Mukti membenarkan adanya kontrak masjid dengan salah satu operator telepon seluler yang sudah diaktinotariskan. Tidak dijelaskan berapa nilai kontrak dan untuk apa saja dana itu digunakan. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO