Lestarikan Budaya Tradisional, Gelar Festival Jaranan

Lestarikan Budaya Tradisional, Gelar Festival Jaranan WARISAN BUDAYA: Salah satu kelompok Jaranan saat tampil. foto: nurqomar/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sepuluh kelompok kesenian Jaranan di Kabupaten unjuk kebolehan saat mengikuti Festival Jaranan di Alun-alun Kota , Minggu (24/4).

"Untuk melestarikan tradisi jaranan, mengenalkan seluruh dan umumnya di Jawa Timur, bahwa banyak grup jaranan dan sangat kreatif. Yang tampil hanya 10 grup dari kurang lebih 30 grup karena waktunya terbatas," ujar panitia Festival Jaranan, Ngudiono.

Mantan Kasi Kesenian Dinas Kean dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten ini berharap kegiatan Festival Jaranan ini dapat meningkatkan wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten .

"Dengan festival ini banyak masyarakat luar itu tidak hanya menikmati atau mencari objek wisata modern, tapi mereka juga bisa menikmati seni tradisi yang ada di ," lanjutnya.

Ngudiono menambahkan, selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) cukup memberikan perhatian terhadap kesenian-kesenian tradisional. "2015 kemarin, 30 grup mendapat bantuan dana dari Pemda masing-masing grup Rp 5 juta," pungkasnya.

Sementara, Suwandi Ketua Kelompok Kesenian Jaranan Turunggomudo seusai melakukan atraks,i kepada wartawan mengatakan, dirinya tidak memasang target juara. "Saya hanya berharap kesenian tradisional jaranan di ini ini maju saja," ujarnya

"Kesenian yang ada di biar ada perhatian," imbuh pria yang biasa di panggil Wandi ini.

Atraksi Festival Jaranan yang sengaja digelar ini sekaligus untuk memunculkan ciri khas dari masing-masing grup, misalnya tentang gerak. Pasalnya, kesenian ini memang ada kemiripan dengan kesenian jaranan dari daerah lain. "Kalau kelompok saya jaranan kreasi," tandasnya. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO