Kamis, 28 Mei 2020 23:06

Pimpinan DPRD Gresik Gelar Rapat untuk Tentukan Schedule Kegiatan LKPJ

Rabu, 30 Maret 2016 14:29 WIB
Pimpinan DPRD Gresik Gelar Rapat untuk Tentukan Schedule Kegiatan LKPJ
ATUR JADWAL: Suasana rapat pimpinan dan ketua fraksi DPRD. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Para pimpinan dan Ketua Fraksi DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Gresik mengadakan rapat untuk menentukan schedule (jadwal) kegiatan yang akan dilakukan mulai bulan April 2016, Rabu (30/3).

Kegiatan yang dilakukan di ruang rapat pimpinan DPRD Gresik tersebut dihadiri oleh tiga pimpinan DPRD, yakni Ketua, Ir.H.Abdul Hamid (FPG), dan 2 wakil ketua DPRD, yakni Nur Qolib (FPPP) dan Nur Saidah (FGerindra). Juga hadir tujuh ketua fraksi, yakni FPG, FPKB, FPPP, FGerindra, FPDIP dan FPAN.

"Ada beberapa agenda kegiatan yang kami bahas dalam rapat antara pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi tersebut," kata Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Saidah usai rapat.

Dijelaskan Nur Saidah, kegiatan tersebut di antaranya, membahas pembentukan Pansus (panitia khusus) LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) Akhir Anggaran Tahun 2015 dan pembagian anggota pansus.

Kemudian, kode etik DPRD, kegiatan tes urine anggota DPRD kerjasama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) Kabupaten Gresik.

Lalu, persiapan acara MH. Ainun Nadjib (Cak Nun) 1 April 2016. Dalam acara tersebut, akan diadakan santunan yatim piatu yang dananya berasal dari donatur para anggota DPRD.

Khusus untuk kegiatan Pansus LKPJ Akhir Anggaran Tahun 2015, lanjut Nur Saidah, sesuai dengan hasil rapat schedulenya akan dimulai pada awal April 2016.

"Hasil rapat antar pimpinan untuk kegiatan Pansus LKPJ diberi batas waktu 10 hari. Kalau tidak cukup, waktunya akan diperpanjang," jelas politisi senior Partai Gerindra asal Kecamatan Duduksampeyan ini.

Menurut Nur Saidah, waktu 10 hari untuk Pansus LKPJ tersebut akan digunakan untuk penentuan anggota pansus, pembahasan hingga studi banding atau KKLD (Kunjungan Kerja Luar Daerah).

Untuk KKLD tersebut cuma dikasih jatah satu kali kunjungan, yakni, KKLD ke Depdagri (Departemen Dalam Negeri). "Pansus akan konsultasikan soal LKPJ tersebut," terangnya.

Nur Saidah menyatakan, Pansus LKPJ Akhir Tahun Anggaran akan benar-benar selektif dan hati-hati dalam mengoreksi kinerja pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah dan penggunaan anggaran selama 5 tahun (2010-2015). Sebab, menindaklanjuti amanat UU (Undang-Undang) Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemda (Pemerintah Daerah), bahwa DPRD dan Pemkab Gresik atau eksekutif dan legislatif memiliki kedudukan sejajar dalam penyenggaraan pemerintah.

Di mana, kalau penyelenggaraan pemerintah itu berjalan baik, masyarakat bisa puas, maka DPRD akan mendapatkan imbas baik. "Tapi sebaliknya, kalau berjalan tidak baik, maka DPRD tidak bisa lepas tangan, harus ikut tanggungjawab," katanya.

Ditambahkan Nur Saidah, seperti LKPJ tahun sebelumnya, mengacu peraturan perundang-undangan seperti PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 03 Tahun 2007, tentang laporan penyelenggara pemerintah, bahwa LKPJ itu sifatnya hanya progress report (laporan program).

"Jadi, DPRD tidak memiliki hak tolak. Cuma rekomendasi saja untuk ditindaklanjuti Bupati," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...