Sabtu, 28 Maret 2020 18:14

DPRD Gresik Gelar FGD untuk Pembahasan Ranperda Inisiatif

Rabu, 23 Maret 2016 11:59 WIB
DPRD Gresik Gelar FGD untuk Pembahasan Ranperda Inisiatif
Ketua DPRD Gresik, Ir. H. Abdul Hamid. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banyaknya program/kegiatan yang harus dikerjakan ke-50 anggota DPRD Gresik di tahun 2016, membuat mereka mulai memetakan pekerjaan-pekerjaan kapan mulai dikerjakan dan kapan harus tuntas.

Seperti yang dilakukan mulai Senin-Rabu (21-23/3). Mereka mengadakan kegiatan FGD (focus grup discussion) di Unibraw (Universitas Brawijaya) Malang.

Diskusi tersebut dilakukan dengan para konsultan dan tenaga ahli dari Unibraw terkait persiapan untuk pembahasan Ranperda (Rancangan Peraturan Dearah) yang telah dimasukkan dalam Prolegda (program legislasi daerah) tahun 2016. "Kami adakan kegiatan FGD di Unibraw untuk pembahasan Ranperda inisiatif DPRD yang telah masuk di Prolegda 2016," kata Ketua DPRD Gresik, Ir. H. Abdul Hamid, Rabu (23/3).

Menurut Hamid, dalam FGD tersebut, ke-50 anggota DPRD banyak mendapatkan ilmu dan literatur sebagai bahan untuk pembahasan Ranperda.

Nantinya, ilmu yang didapatkan anggota DPRD dari FGD tersebut akan diterapkan saat pembahasan Ranperda.

"Pada prinsipnya, kami sepakat bahwa Ranperda inisiatif yang diusulkan oleh DPRD pembahasannya harus matang. Dan nantinya Ranperda itu setelah disahkan menjadi Perda bisa berjalan efektif," jelas politisi senior Golkar asal Kecamatan Sidayu ini.

Hamid lebih jauh mengatakan, sesuai kesepakatan, bahwa pembahasan Ranperda inisiatif DPRD tersebut akan dilakukan pada bulan Mei mendatang.

Untuk pembahasan Ranperda tahap awal, disepakati masing-masing komisi, yakni A,B,C dan D mengusulkan 2 Ranperda inisiatif. "Jadi, setiap komisi nantinya akan ada 2 Ranperda inisiatif yang akan dibahas," terangnya.

Hamid mengaku sangat optimis, kalau Ranperda inisiatif yang akan dibahas pada tahap awal bisa berjalan efektif. Sebab, keberadaan Ranperda yang akan dibahas tersebut sudah dikonsultasikan dengan tim ahli dari Unibraw.

"InsyaAllah semua Ranperda inisiatif DPRD yang akan dibahas tahap awal oleh DPRD bisa disahkan. Karena berdasarkan hasil FGD dengan para pakar di Unibraw tidak ada persoalan," kata anggota FPG ini.

Pembahasan Ranperda inisiatif DPRD Gresik tersebut akan dibarengkan dengan pembahasan Ranperda usulan eksekutif yang sudah masuk di Prolegda tahun 2016.

Cuma, hingga sekarang belum diketahui Ranperda apa saja yang diusulkan oleh eksekutif itu yang akan mendapatkan prioritas untuk dibahas lebih awal. "Semuanya nanti tergantung kesepakatan tim Ranperda eksekutif dan tim Banleg (badan legislasi) DPRD. Kita tunggu saja," katanya.

Sesuai dengan mekanismenya, setelah ada kesepakatan Ranperda inisiatif DPRD dan Ranperda usulan eksekutif yang akan dibahas pada bulan Mei mendatang, maka tahap awal adalah dibacakan (disampaikan) dalam rapat paripurna.

Setelah itu, akan dibentuk Pansus (panitia khusus) yang akan bekerja membahas Ranperda.

Nah, untuk mematangkan pembahasan Ranperda tersebut, akan dilakukan pembahasan yang melibatkan berbagai pihak, mulai eksekutif, pakar ahli dan komponen masyarakat melalui public hearing.

Juga akan dilakukan studi banding ke beberapa daerah yang sudah memberlakukan Ranperda yang tengah dibahas. "Kami juga akan lakukan konsultasi ke instansi vertikal, baik ke Depdagri, DPR RI dan instansi lain. Langkah ini kami lakukan agar Ranperda yang dibahas tidak bertentangan dengan peraturan lebih tinggi," pungkas Hamid.(hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...