Heboh! Tulisan Kelamin Pria di Sampul Buku SD di Malang

Heboh! Tulisan Kelamin Pria di Sampul Buku SD di Malang Tulisan aksara jawa yang artinya alat kelamin pria. foto: beritajatim.com

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Sebuah cover buku Bahasa Daerah Jawa Sekolah Dasar di Kota Malang menggunakan ejaan aksara jawa berbunyi alat kelamin pria membuat heboh siswa dan guru.

Sejumlah guru di SD Muhamadiyah 9 Jl Raden Tumenggung Suryo Kota Malang menarik seluruh buku itu dari peredaran.

Kepala Sekolah SD Muhamadiyah 9 Kota Malang, Sony Darmawan membenarkan adanya instruksi dari Dinas Pendidikan Kota Malang untuk menarik peredaran buku mata pelajaran bahasa jawa itu. Ia juga mengaku langsung melakukan pemeriksaan dan mencari letak kesalahan buku tersebut sehingga ditarik oleh Dindik Kota Malang.

"Saya ditelpon diminta untuk menarik buku itu, secara lisan memang penyampaianya, tidak dikasih tahu salahnya di mana. Langsng saya sampaikan ke guru-guru dan kita scaning ternyata tidak apa-apa. Baru tahu kalau ternyata di covernya ada tulisan aksara jawa dengan bacaan itu ya dari mas-mas media ini," ujarnya Kamis (18/2).

Usai mendapat instruksi itu, pihak sekolah lantas meminta kepada seluruh siswa yang menerima buku mata pelajaran bahasa jawa untuk dikembalikan ke pihak sekolah. Buku tersebut baru dibagikan kepada siswa saat memasuki semester kedua di awal bulan Februari lalu.

"Ada 550 siswa yang menerima itu, biaya buku itu dari Bosda. Belum ada orantua siswa yang mengetahui tapi akan kami sampaikan agar tidak mengganggu ketenangan siswa maupun orangtua siswa," tukasnya.

Sumber: beritajatim.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO