Pemkab Ngawi Disuntik Dana Ratusan Miliar Rupiah Tahun 2016

Pemkab Ngawi Disuntik Dana Ratusan Miliar Rupiah Tahun 2016 Perbaikan jalan di Kab Ngawi.

NGAWI,BANGSAONLINE.com - Menapaki awal tahun di 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Ngawi kembali berkonsentrasi di sektor pertumbuhan ekonomi masyarakat. Berbagai bidang yang menjadi leading sektor terciptanya pertumbuhan ekonomi mulai ditingkatkan, baik di sektor anggaran maupun pelaksanaan.

Bidang jalan dan jembatan salah satunya, bidang yang berada di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Cipta Karya dan Kebersihan (PUBMCK) Kabupaten Ngawi di tahun 2016 ini sudah mulai digelontor anggaran yang melimpah, baik dari anggaran pusat maupun yang bersumber dari anggaran daerah.

Anggaran senilai 250 miliar rupiah kini masuk dalam saku PUBMCK, namun anggaran tersebut masih di peruntukan untuk 7 bidang di tambah satu tata usaha yang berada di bawah PUBMCK Ngawi. Dari anggaran senilai ratuasan miliar salah satunya untuk proyek jalan.

Khusus untuk jalan, di tahun ini mengalami kenaikan anggaran yang signifikan, baik Anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maupun dari Bantuan Keuangan Provinsi (BK PROV).

Dari APBN yang tahun kemarin mendapat 10 M, di tahun ini Pemkab Ngawi mendapat suntikan 74 M. Selain anggaran yang bersumber dari DAK, untuk jalan masih di gelontor anggaran dari DAK IPD sebesar 35 miliar rupiah dan di tambah anggaran dari BK PROF senilai 10 miliar.

Dari total anggaran yang bersumber dari APBN yang jumlahnya mencapai 110 miliar rupiah tersebut, Pemkab Ngawi kini semakin percaya diri dalam menuntaskan proyek perbaikan jalan di tahun 2016 ini. Untuk tahun ini PUBMCK tidak Cuma menyentuh jalan poros Kabupaten maupun kecamatan saja, melainkan juga fokus di jalan poros desa.

Perihal tersebut dijelaskan oleh Kepala Bidang Jembatan dan Jalan Dinas PUBMCK Ngawi, Sudarno saat ditemui di meja kerjanya. “Khusus untuk infrastruktur jalan kurang lebih 125 miliar meliputi jalan kecamatan dan jalan desa, khusus untuk jalan ini ada peningkatan baik anggaran maupun pelaksanaan. Di 2016 ini kita lebih meningkatkan untuk menangani di jalan ruas jalan desa,” terang Sudarno.

Darno menambahkan, dengan adanya kenaikan anggaran yang nilainya luar biasa tersebut, PUBMCK akan meningkatkan kualitas dan kwantitas serta konstruksi pembanguanan jalan, dengan harapan apa yang diharapkan oleh masyarakat yaitu jalan bisa tahan lama bisa terwujud. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ngawi akan semakin maju. (nal/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO