Harga Daging Sapi Melonjak, Bakso di Pemkot Malang tetap Eksis, ini Rahasianya

Harga Daging Sapi Melonjak, Bakso di Pemkot Malang tetap Eksis, ini Rahasianya Cak Ipul, karyawan Bakso "Cak So" ketika sedang melayani pembeli dari PNS lingkungan Pemkot Malang. foto: iwan/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Harga daging sapi di yang sebelumnya antara Rp 85 sampai 90 ribu/kilo gram kini tembus Rp 110 ribu sampai Rp 120 ribu/kilogram. Bahkan pantauan di lapangan ada yang mencapai Rp 125 ribu/kilogram. Pedagang daging, baik itu daging segar maupun olahan pun kini klimpungan. Namun tidak demikian dengan bakso Pemkot yang tetap eksis.

“Jelas ada pengaruhnya buat pedagang bakso seperti kita ini. Kita tidak bisa hanya mengandalkan keuntungan dari jualan pentol bakso saja,” ujar Haryono satu-satunya penjual Bakso di lingkungan Pemkot ini.

Haryono yang lebih akrab dipanggil Cak So ini menegaskan, ketika harga daging melambung, dia tidak mengambil keuntungan dari daging. Untuk menaikkan juga tidak mungkin karena menyangkut daya beli pelanggan nantinya. Pentol bakso miliknya tetap dijual Rp 2000/biji dan dia mengambil keuntungan dari dagangan yang lain seperti tahu, siomay, gorengan maupun lontong serta minuman.

Joko Sudadi, Kepala Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota menjelaskan, kenaikan harga daging sapi ini diakibatkan dari kenaikan harga sapi saat masih hidup. Sapi masih hidup per kilo gramnya mencapai Rp 47 ribu hingga Rp 48 ribu/Kg, dari harga sebelumnya yakni Rp 44 sampai Rp 45 ribu/Kg. Sedangkan harga daging sapi usai disembelih di RPH Kota bersandar di harga Rp 100 ribu/Kg, lebih murah sedikit dibanding harga di pasar.

“Jika menghendaki harga Rp 100 ribu/Kg, maka bisa mendatangi kantor RPH Kota , jika minat di pasar ya monggo, tergantung selera masyarakatnya, mana yang diinginkan," tandas Joko Sudadi, ketika menginformasikan via ponselnya.

Sementara Dra. Tri Widyani Pangestuti M.Si, Kepala Disperindag Kota menyampaikan bahwa lonjakan harga daging ini terlalu signifikan. Ia mengatakan bahwa harga daging sapi di pasaran hingga Senin (25/01) masih ada di kisaran Rp 107 sampai Rp 108 ribu. Padahal, pantauan di lapangan harga daging sapi sudah mencapai Rp 120 ribu. (iwa/thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO