Penyandang Disabilitas Harus Diprioritaskan saat Mencoblos

Penyandang Disabilitas Harus Diprioritaskan saat Mencoblos Baskoro dan Komisioner KPU Syamsuri beserta Ketua Gergatin Jawa Timur sebagai penerjemah saat sosialisasi di pendopo Kabupaten Kediri. foto: arif kurniawan/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri meminta seluruh panitia pemungutan suara (PPS) jika menemukan ada salah satu pemilihnya yang menyandang disabilitas untuk diprioritaskan.

Anggota komisioner KPU Kabupaten Kediri Syamsuri di sela-sela memberikan sosialisasi di hadapan ratusan penyandang disabilitas mengatakan, KPU berusaha memberikan layanan seramah mungkin kepada penyandang disabilitas agar menggunakan hak suara.

“Kami akan memberikan layanan ramah dengan meminta petugas KPPS memprioritaskan para penyandang disabilitas, terutama tidak mempersulit jalan saat memasuki TPS,” ujar dia, Senin (7/12) siang.

Dalam sosialisasi yang bertemakan layanan ramah disabilitas dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kediri ini juga dihadiri ketua Gergatin Provinsi Jawa Timur Maskurin. Dalam kesempatan itu, Maskurin berharap adanya fasilitas bagi penyandang disabilitas saat menggunakan hak suaranya. “Ada pendamping, dan juga jalan yang bisa dilalui bagi kursi roda,” harap dia.

Sementara itu, Anggota Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro dalam sambutannya, lebih menjelaskan pentingnya memilih seorang kepala daerah. Untuk itu, ia berharap, para penyandang disabilitas di Kabupaten Kediri untuk datang ke TPS pada 9 Desember mendatang.

Untuk diketahui, pemilihan bupati Kediri 9 Desember mendatang diikuti dua pasangan calon. Yakni, pasangan calon nomor urut 1 Haryanti-Maskuri dan pasangan calon nomor urut 2 Ari Purnomo Adi – Arifin Tafsir. (rif/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO