DPRD Sidoarjo Usulkan Gedung SCC Dikelola Pihak Ketiga

DPRD Sidoarjo Usulkan Gedung SCC Dikelola Pihak Ketiga BERTAHAP: Gedung SCC berlokasi di Jalan Lingkar Timur Sidoarjo, yang dibangun bertahap sejak 2014 dan ditarget selesai tahun 2016. foto: musta'in/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - DPRD Sidoarjo mengusulkan pengelolaan gedung serbaguna Sidoarjo Community Center (SCC) dikelola oleh pihak ketiga. Terobosoan kebijakan itu diharapkan mampu menekan pengeluaran dana APBD yang dipakai untuk pemeliharaan dan perawatan gedung yang berlokasi di Jalan Lingkar Timur Sidoarjo tersebut. Ditargetkan pada akhir 2016 nanti gedung yang dibangun di lahan seluas 6,2 hektar tersebut bisa dioperasikan.

Ketua DPRD Sidoarjo H Sullamul Hadi Nurmawan mengatakan, pengelolaan yang direncanakan dikerjasamakan oleh pihak ketiga tersebut berfungsi meminimalisir pengeluaran APBD yang terserap untuk pemeliharaan serta parawatan SCC. Pihak ketiga nantinya memiliki wewenang sebagai pengelola agar SCC bisa difungsikan dengan baik. “Rencana tersebut sedang kami bahas dengan eksekutif agar pengelolaannya bisa sempurna,” cetusnya, Rabu (2/12/2015).

Politisi PKB ini menyatakan, pihak ketiga yang akan menjadi pengelola harus profesional. Yakni, mengerti tentang manajemen event serta pengelolaan SCC secara menyeluruh. Sehingga, gedung SCC tidak mangkrak dan bisa dimanfaatkan dengan maksimal sesuai peruntukkannya. “Jika ada pihak ketiga yang memiliki kemampuan tersebut ya tidak ada masalah,” tandasnya.

Dia menegaskan, kerjasama dengan pihak ketiga tersebut tentu saja akan menguntungkan kedua belah pihak. Model kerjasama tersebut akan dibahas lebih lanjut dengan pihak ketiga saat SCC sudah akan bisa digunakan seratus persen. “Untuk saat ini biar rampung dulu sehingga lebih maksimal dalam penyelesaian SCC,” jlentreh Gus Wawan, panggilan karib H Sullamul Hadi Nurmawan.

Terpisah, Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Sidoarjo Agoes Boedi Tjahjono mengatakan, pengelolaan SCC oleh pihak ketiga merupakan usulan yang baik. Namun demikian, pihaknya akan membahas lebih lanjut agar bangunan SCC tidak mangkrak setelah selesai dibangun. “Apapun itu asalkan demi kebaikan dan kemajuan Sidoarjo tidak ada masalah,” katanya kepada wartawan.

Saat ini, proyek gedung SCC sudah melewati separo pembangunan. Progresnya hingga kini sudah mencapai 63 persen. SSC dibangun dengan anggaran multiyears mulai 2014. Tahun 2014 lalu, Pemkab Sidoarjo mengalokasikan anggaran di APBD senilai Rp 25 miliar untuk pembangunan tahap I. Di tahun itu, lantai 1 gedung serbaguna berhasil didirikan. Sedangkan dalam tahap II tahun ini, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Sidoarjo mendapatkan anggaran sebesar Rp 36 miliar.

Dalam pembangunan tahap II, dibangun dua lantai lagi dan sport hall. Pada 2016 pembangunan seperti lahan parkir dan food court akan dirampungkan. SCC akan dibangun dalam tiga lantai. Di mana lantai 1 digunakan untuk gedung serbaguna, lantai dua untuk tribun, dan lantai tiga untuk hotel dan kantor administrasi. Lahan parkir, food court, sport hall, dan taman kesenian pun juga akan melengkapi SCC. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO