Pasca Kebakaran dan Longsor, Pendakian Semeru kembali Dibuka

Pasca Kebakaran dan Longsor, Pendakian Semeru kembali Dibuka foto: imron/ BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSANOLINE.com - Pasca terjadi kebakaran yang menyebabkan longsor di Pos 3 Watu Rejeng beberapa minggu yang lalu, pendakian Semeru kembali dibuka hari ini, Selasa (1/12).

Kepala Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ayu Dewi Utari mengatakan, perbaikan sudah dilakukan di area terjadinya longsor sehingga jalur pendakian sudah mulai aman kembali. "Iya sudah dibuka kembali, (area longsor) sudah diperbaiki," ujarnya saat dihubungi.

Namun, kata Dewi, pihaknya masih tetap mengantisipasi dan waspada di Pos 1, 2, dan terutama di Pos 3 akan ada petugas yang melakukan penjagaan. "Terutama di pos 3 ada petugas yang berjaga di atas," lanjutnya.

Menurut dia, pendakian hanya dibatasi hingga Kalimati. Sementara untuk kuota pendaki masih tetap 500 orang per hari. "Rekomendasinya sampai Kalimati saja," ujar Ayu.

Pendakian semeru akan ditutup kembali di awal Januari untuk pemulihan ekosistem, dan merupakan agenda penutupan rutin tiap tahunnya di gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penendang Sesajen Semeru Berhasil Ditangkap':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO