Dunia Islam kian Terpuruk, Konferensi ke-4 ICIS akan Rumuskan "Malang Message"

Dunia Islam kian Terpuruk, Konferensi ke-4 ICIS akan Rumuskan "Malang Message" DARI KIRI: Menteri Agama Brunei Darussalam Dato Haji Badaruddin bin Dato Haji Othman, mantan menlu RI Hasan Wirajuda, Sekjen ICIS KH Hasyim Muzadi, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim, dan Wakil Menlu RI AM Fakhir, dalam Pembukaan Konferensi ke-4 ICIS di Malang, Senin (23/11). Konferensi menawarkan konsep moderasi Islam di Indonesia untuk dunia

MALANG, BANGSAONLINE.com - Konferensi Islam International Conference of Islamic Scholars (ICIS) ke-4 akan mendeklarasikan “Malang Message”. Ini sebagai respons terhadap problematika Islam yang kian terpuruk.

Sekjen ICIS KH Hasyim Muzadi, mengatakan pemikiran moderat akan tergerus oleh pemikiran radikal dan liberal jika tidak dikelola dengan baik. Perlu ada upaya sistemik menangani ancaman terorisme dan anti-terorisme yang berwujud islamofobia dalam saat yang bersamaan. Publik internasional seolah dipaksa untuk memihak satu dari kedua fenomena itu.

”Jika tidak segera diurai maka ancaman yang diakibatkan akan berkelanjutan,” paparnya dalam pembukaan Konferensi ICIS ke-4 di Malang, Senin (23/11).

Mantan ketua umum PBNU ini menyebutkan, tak ada jalan lain untuk mengurai dua fenomena mengkhawatirkan itu kecuali: pertama, kembali menerapkan Islam sesuai wajah aslinya yang ramah, bukan marah seperti yang telah disalahpahami oleh sebagian kalangan Muslim.

Kedua, meminimalisir gejolak islamofobia. Cara yang pertama dinilai lebih efektif dengan mempersipakan imunitas di internal umat Islam.

Ia menyebutkan, Islam di Asia Tenggara identik dengan wajahnya ramah seperti Indonesia, Malaysia, Brunai, dan Thailand Selatan. Ia berharap, para pemimpin ASEAN tidak terjebak dalam keberpihakan baik terhadap terorisme ataupun anti-terorisme.

Konferensi ICIS ke-IV yang berlangsung di UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang Jawa Timur ini berlangsung 23-25 November. Konferensi dengan tema “Upholding Islam as Rahmatan Lil Alamin (Blessing for Universe): Capitalizing Intellectuality and Spirituality toward the Better Life for Human Beings” ini dihadiri oleh 65 tokoh agama dan ulama berpengaruh dari 34 negara. Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sempat dijadwalkan membuka perhelatan ini namun tertunda, berkenan untuk menutup konferensi tersebut. (ma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO