Pekan Warisan Budaya Dunia Unair: Dibuka Ludruk, Ditutup Wayang Kulit

Pekan Warisan Budaya Dunia Unair: Dibuka Ludruk, Ditutup Wayang Kulit Seminar “Budaya sebagai Pemicu Pembangunan Indonesia” oleh Dr. Sri Teddy Rusdy, SH, M.Hum, Prof. Bambang Tjahjadi, Aribowo, Drs M.S, dan Prof. Dr. Rahmi Jened, SH, MH. (foto: dok HARIAN BANGSA)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka Dies Natalis ke-61, Universitas Airlangga menggelar Pekan Warisan Budaya Dunia dan Ekonomi Kreatif 17 hingga 20 November mendatang di gedung Airlangga Convention Center (ACC). Selain dipentaskan ludruk tanggal 18 November kemarin, besok tanggal 20 November 2015 digelar wayang kulit dengan dalang Sujiwo Tejo.

Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Kean Kementerian Pendidikan dan Kean Prof. Kacung Maridjan, Ph.D, bersama rektor Prof. Dr. M. Nasih, dan Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Dirjen Dikti Dr. Sadjuga.

Prof Kacung menyampaikan keynote speech “Budaya sebagai Pemicu Pembangunan Indonesia.” Kacung mengatakan, kean memiliki tiga dimensi penting, yaitu sistem nilai, ekspresi, dan material.

Sistem nilai menginspirasi dan mengikat masyarakat.Termasuk dalam sistem nilai adalahthe way of thinking (kreativitas) yang menjadi jalan untuk mewujudkan mimpi. Maka, dengan kean bangsa bisa maju dan tetap terkondisikan.

Dimensi selanjutnya adalah ekspresi. Pakaian, bahasa, cara bicara, tarian, wayang, adalah bentuk-bentuk ekspresi. Selanjutnya adalah dimensi material atau artefak, contohnya masjid, candi, dan sebagainya.

Ketiga dimensi kean tersebut diharapkan bisa mendorong kemajuan bangsa, sebab bisa menggerakkan masyarakat untuk menjadi lebih baik, meningkatkan indeks kebahagiaan, serta meningkatkan perekonomian.

Sumber: Harian Bangsa

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO