Sabtu, 28 Maret 2020 19:32

Jembatan Jagung Suprapto Malang akan Diperkuat

Minggu, 11 Oktober 2015 23:53 WIB
Jembatan Jagung Suprapto Malang akan Diperkuat
Pergola di jembatan Jagung Suprapto yang dipermasalahkan komisi C. foto: tuhu/BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang akhirnya mengusulkan anggaran untuk rekayasa struktur perkuatan jembatan di Jl. Jaksa Agung Suprapto Kota Malang.

Kepala DKP, Erik S Santoso, mengatakan pihaknya mengusulkan anggaran Rp 530 juta di APBD 2016 untuk rekayasa struktur perkuatan jembatan. Rekayasa struktur perkuatan jembatan itu untuk melanjutkan pembangunan vertikal garden atau pergola di jembatan Jl. Jagung Suprapto.

“DKP berusaha mencari metode paling mudah dan biaya paling murah untuk merekayasa struktur perkuatan jembatan," kata Erik, Sabtu (10/10) kemarin.

Dalam waktu dekat, kata Erik, DKP akan mengadakan forum diskusi dengan para pakar rekayasa struktur jembatan di Kota Malang. DKP ingin mendapatkan masukan dari pakar untuk mencari metode yang tepat. "Setelah itu, kami segera membuat DED-nya. Kalau rekayasa struktur perkuatan jembatan sudah selesai, kami baru melanjutkan pembangunan pergolanya," papar dia.

Sebelumnya diberitakan, bangunan rangka vertikal garden atau pergola di atas jembatan Jl Jaksa Agung Suprapto terancam mangkrak. Sebab, awalnya DKP tidak mengusulkan anggaran untuk rekayasa struktur perkuatan jembatan di KUA-PPAS 2016.

Pemkot Malang membangun pergola pada awal 2015 dan mengalokasikan anggaran Rp 900 juta untuk pembangunan pergola. Saat itu komisi C DPRD Kota Malang menyoroti pembangunan pergola di atas jembatan yang dinilai dapat membahayakan jembatan. Konstruksi besi bangunan pergola akan menambah beban yang ditanggung jembatan. Apalagi, kawasan itu merupakan padat kendaraan.

Komisi C khawatir jembatan ambrol karena tidak kuat menahan beban konstruksi pergola dan kendaraan. Sejak itu, Pemkot Malang menghentikan proses pembangunan pergola.

Komisi C akhirnya menyarankan agar ada rekayasa penguatan konstruksi bangunan, agar sehingga kuat untuk menahan beban berat jika ada penambahan pembangunan pergola. (thu/mlg1/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...