Jembatan Jagung Suprapto Malang akan Diperkuat

Jembatan Jagung Suprapto Malang akan Diperkuat Pergola di jembatan Jagung Suprapto yang dipermasalahkan komisi C. foto: tuhu/BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota akhirnya mengusulkan anggaran untuk rekayasa struktur perkuatan jembatan di Jl. Jaksa Agung Suprapto Kota .

Kepala DKP, Erik S Santoso, mengatakan pihaknya mengusulkan anggaran Rp 530 juta di APBD 2016 untuk rekayasa struktur perkuatan jembatan. Rekayasa struktur perkuatan jembatan itu untuk melanjutkan pembangunan vertikal garden atau pergola di jembatan Jl. Jagung Suprapto.

“DKP berusaha mencari metode paling mudah dan biaya paling murah untuk merekayasa struktur perkuatan jembatan," kata Erik, Sabtu (10/10) kemarin.

Dalam waktu dekat, kata Erik, DKP akan mengadakan forum diskusi dengan para pakar rekayasa struktur jembatan di Kota . DKP ingin mendapatkan masukan dari pakar untuk mencari metode yang tepat. "Setelah itu, kami segera membuat DED-nya. Kalau rekayasa struktur perkuatan jembatan sudah selesai, kami baru melanjutkan pembangunan pergolanya," papar dia.

Sebelumnya diberitakan, bangunan rangka vertikal garden atau pergola di atas jembatan Jl Jaksa Agung Suprapto terancam mangkrak. Sebab, awalnya DKP tidak mengusulkan anggaran untuk rekayasa struktur perkuatan jembatan di KUA-PPAS 2016.

Pemkot membangun pergola pada awal 2015 dan mengalokasikan anggaran Rp 900 juta untuk pembangunan pergola. Saat itu komisi C DPRD Kota menyoroti pembangunan pergola di atas jembatan yang dinilai dapat membahayakan jembatan. Konstruksi besi bangunan pergola akan menambah beban yang ditanggung jembatan. Apalagi, kawasan itu merupakan padat kendaraan.

Komisi C khawatir jembatan ambrol karena tidak kuat menahan beban konstruksi pergola dan kendaraan. Sejak itu, Pemkot menghentikan proses pembangunan pergola.

Komisi C akhirnya menyarankan agar ada rekayasa penguatan konstruksi bangunan, agar sehingga kuat untuk menahan beban berat jika ada penambahan pembangunan pergola. (thu/mlg1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO