Virus Mers Belum Terdeteksi Menjangkiti Jemaah Indonesia

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kekhawatiran masuknya virus Mers dan antraks melalui jemaah , hingga kedatangan kloter-22 belum terdeteksi. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Urusan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur HM Sakur, di Asrama Haji Surabaya (AHS), Kamis (8/10).

"Alhamdulilah, sejauh ini, dari pantauan melalui thermo scanner semua aman. Artinya, suhu badan jemaah betul-betul terkontrol. Masih dalam batas-batas normal sehingga belum dinyatakan terkena virus yang ditakutkan," kata Sakur.

Meski begitu, ada dicatat sejumlah jemaah meninggal. Bukan dikarenakan terjangkit virus, melainkan karena penyakit yang memang sudah diderita sejak berangkat. Catatan Sakur, jumlah jemaah yang meninggal dari Debarkasi Surabaya, sebanyak 109 orang.

Rinciannya, meninggal dunia karena sakit 79 orang, korban tragedi mina 24 orang, musibah crane 2 orang, meningal di pesawat 2 orang, dan meninggal di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya 2 orang. "Yang dinyatakan hilang, sudah tidak ada," kata dia.

Terkait jemaah yang meninggal karena musibah tragedi Mina, pihak Kemenag Jatim belum berani memastikan, apakah pemerintah Saudi Arabia akan memberikan santunan atau asuransi.

Sakur menyarankan, daerah yang mengkoordinir dengan keluarga korban. Data kolektif itu disampaikan kepada kanwil Kemenang Jatim. "Nanti kami yang akan mengurus. Yang jelas, dengan catatan setelah operasional selesai. Saat ini, kita masih berkonsentrasi di penyelenggaraan ," kata dia. (sby2/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO