Panwaslukab Tuban Persoalkan Umbul-umbul Paslon Tanpa Nomor

Panwaslukab Tuban Persoalkan Umbul-umbul Paslon Tanpa Nomor Umbul-umbul paslon yang tidak ada nomor urut. foto: suwandi/BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Panitia pengawas pemilu kabupaten (panwaslukab) Tuban mempersoalkan umbul-umbul pasangan calon Bupati Zakky Mahbub dan wakil bupati Tuban, Dwi Susiatin Budiarti yang tidak tercantum nomor urutnya.

Padahal semestinya nomor urut tersebut harus ada. Karena, melihat pasangan cabup dan cawabup petahanan, Huda-Noor tertera nomor urutnya.

Ketua Panwaslukab Tuban, Sullamul Hadi mengatakan, sebelumnya Panwaslukab menerima laporan adanya umbul-umbul salah satu paslon yang tidak memiliki nomor urut. Seketika itu, pihaknya mengaku langsung melakukan pembahasan guna menindaklanjuti persoalan tersebut. 

Ini dilakukan pasalnya, setiap alat peraga kampaye (APK) semestinya memiliki nomor urut. Sebab, pencantuman nomor urut merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat dalam menentukan pilihan pada pemilu 9 desember 2015 mendatang. "Ya idealnya mestine (harusnya,red) ada nomor urutnya," tegasnya.

Hadi membeberkan, dengan adanya laporan ini panwas akan melakukan kajian lebih dalam. Selanjutnya, akan merekomendasikan pergantian umbul-umbul kepada KPUD. Sebelumnya panwas sebenarnya telah menerima desain umbul-umbul yang terdapat nomor urut. Namun, realitanya ketika dicetak umbul-umbul salah satu calon tersebut tidak memiliki nomor urut.

"Kami akan lakukan kajian dalulu, apakah itu nanti diganti oleh KPU atau tidak,” terangnya

Terpisah, mengenai hal itu Ketua KPUD Tuban, Kasmuri mengatakan, jika yang dicetak oleh KPUD sudah sesuai aturan. Sebab, berdasarkan desain dari tim sukses pasangan calon non partai mintanya seperti itu.

"Sudah sesuai aturan, dan desain yang dicetak itu dari tim sukses, kami hanya sebatas mencetak bahan yang diberikan dari tim sukses,” ungkapnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO