Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan Terjunkan Tim Awasi Penyembelihan Hewan Kurban

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan menyiapkan tim kecil untuk mengawasi penyembelihan hewan kurban. Mereka akan bertugas mendampingi masyarakat melakukan pemotongan hewan secara baik dan benar dalam pelaksanaan Idul Adha Kamis (24/9) mendatang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan, Sukriyah menyatakan pemantauan ini dilakukan agar masyarakat tahu tata cara penyembelihan yang benar. "Hal ini kami lakukan untuk memastikan hewan-hewan tersebut layak konsumsi dengan penyembelihan yang benar," katanya.

Tim ini nantinya, kata Sukriyah, akan melakukan kunjungan ke beberapa masjid yang ada di Lamongan dan melihat secara langsung tata-cara penyembelihan hewan kurban dan memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban sebelum disembelih. 

“Kita awali dengan memberikan penjelasan mengenai tata cara pemotongan daging hewan kurban yang benar dengan mengumpulkan sejumlah takmir masjid yang ada di Lamongan,“ jelasnya.

Ia berharap dengan adanya penjelasan mengenai tata cara penyembelihjan hewan kurban ini, masyarakat dapat belajar tetang arti pentingnya menjaga kesehatan dan kualitas daging hewan kurban sebelum dibagikan ke masyarakat.

Sementara itu data yang diperoleh dari Dinas Peternakan Lamongan menyebutkan, populasi ternak sampai dengan bulan Juli 2015 tercatat sebanyak 100.264 ekor sapi potong, 22 sapi perah, 288 kerbau, 95.847 ekor kambing dan 78.785 ekor domba. Sedangkan jumlah hewan kurban di tahun 2014 tercatat sebanyak 3.014 ekor sapi dan 25.418 ekor domba. Sehingga kebutuhan hewan kurban tahun ini diperkirakan masih bisa dipenuhi dari peternak Lamongan sendiri. (ais/rvl) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO