Kuatkan Sinergi, Inflasi Kota Kediri Terkendali

Kuatkan Sinergi, Inflasi Kota Kediri Terkendali

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dari pantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota kediri, perkembangan harga-harga di Kota Kediri pada bulan September 2015 terjaga dengan baik. Beberapa komoditas yang mulai mengalami penurunan harga, antara lain cabai, telur ayam ras, daging ayam ras, dan daging sapi, sementara komoditas yang mulai mengalami kenaikan harga adalah beras.

Untuk komoditas administered price, terdapat koreksi Tarif Dasar Listrik (TDL) dan penurunan harga LPG 15 kilogram. Di samping itu, sejalan dengan ketersediaan stok dan pasokan LPG 3 kilogram, harga komoditas tersebut relatif stabil di Kota Kediri.

Secara keseluruhan potensi tekanan inflasi di bulan September relatif rendah. Hal ini terlihat dari sisi permintaan di mana konsumsi masyarakat relatif normal sejalan dengan perekonomian yang tengah tumbuh melambat, serta sisi penawaran yang terjaga karena kecukupan pasokan dan ketersediaan stok baik dari komoditas volatile food maupun dari komoditas administered price.

Sampai dengan bulan Agustus 2015, inflasi tahun kalender (Januari s.d Agustus) di Kota Kediri adalah sebesar 0,58% atau yang terendah di Jawa. Oleh karena ini, TPID Kota Kediri yakin bahwa inflasi di Kota Kediri pada bulan September 2015 diperkirakan terjaga dan dapat mencapai target inflasi 4 ± 1% dengan kecenderungan bias ke bawah. (rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO