Karnaval di Kecamatan Widang Tuban, Rayakan HUT RI sekaligus Promosikan Budaya Indonesia

Karnaval di Kecamatan Widang Tuban, Rayakan HUT RI sekaligus Promosikan Budaya Indonesia MERIAH - Tampak reog dan beberapa seni maupun budaya Indonesia ditampilkan dalam karnaval di Kecamatan Widang, Tuban. (suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Event karnaval dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-70 di Kecamatan Widang ternyata memeberikan nilai plus tersendiri.

Sebab, event tahunan yang diikuti peserta dari MTs, SMP, SMA, MA dan SMK serta umum tersebut mayoritas menampilkan budaya dan kesenian yan dimiliki bangsa Indonesia. Bahkan, hampir keseluruhan peserta mempromosikan budaya dengan menampilkan tarian-tarian serta menggunakan asesoris dan pakaian adat khas Indonesia.

Camat Widang, Sutrisno, mengatakan bahwa karnaval tahun ini tidak kalah seru dengan sebelumnya. Sebab, peserta karnaval tahun ini lebih aktif menampilkan berbagai kebudayaan maupun kesenian yang ada di Indonesia. Ini ditekankan supaya peserta lebih mengenal dan memahami budaya sendiri daripada asing.

“Kita lebih fokus saja pada promosi budaya yang dimiliki bangsa Indonesia ini,” ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (26/8).

Lanjut Sutrisno, tampilan kesenian dan budaya yang dipromosikan peserta karnaval yaitu mulai dari reog, sejumlah tarian, dan pakaian adat yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Sepanjang rute yang digunakan karnaval, semuanya disesaki warga karena ingin melihat karnaval. Jadi mulai Start lapangan Desa Widang dilanjut arah pondok langitan, kemudian menuju Desa Ngadirejo semua full penontonnya. Ini luar biasa. Semoga penontonnya pun tahu bahwa yang ditampilkan pada karnaval ini itikad untuk mengenalkan kesenian dan budaya indonesia,” harapnya.

Terpisah, Hasan warga Desa Widang seusai melihat karnaval mengungkapkan, senang dan terhibur karena penampilan peserta yang lebih banyak memamerkan kesenian dan kebudayaan.

“Bagus dan mendidik, seperti reog itu termasuk mengenalkan pada kita semua, bahwa itu adalah kesenian asli bangsa Indonesia,” pungkasnya. (wan/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO