Warung di Kediri ini Sajikan Kikil Kambing Sejak 1980-an

Warung di Kediri ini Sajikan Kikil Kambing Sejak 1980-an Fendi (kiri) bersama temannya saat menikmati lezatnya kuliner kambing di warung kikil Mbah Murtini. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ada menu istimewa di Kota yang saat ini lagi viral. Meski berada di Dusun Dadapan, Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, warung kikil Mbah Murtini menyediakan menu istimewa yang dinanti pelanggan.

Menu spesial yang dimaksud adalah kikil kaki kambing, yang sudah buka sejak tahun 1980-an dan sekarang sudah dikelola generasi ke-3. Tak heran bila pelanggan warung kikil Mbah Murtini ini datang tidak hanya dari saja, tapi juga datang dari luar kota.

"Yang memulai berjualan menu kikil kaki kambing ini adalah nenek saya (Mbah Murtini). Ketika nenek meninggal dunia, warung ini dikelola Ibu saya dan sekarang ini saya kelola bersama kakak," kata Junianto, cucu Mbah Murtini kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (25/11/2023).

Ia mengatakan bahwa warung dibuka mulai pukul 11.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB dan jika sudah habis sebelum itu, warungnya juga tutup. Meski sudah berusia 40 tahun lebih, tempat yang dikelola itu konsisten menyajikan kikil kaki kambing dan krengsengan kepala kambing. 

"Setiap hari, kami menyediakan 40 porsi kikil kaki kambing. Sedangkan untuk krengsengan kepala kambing sekitar 2 atau 3 buah, tergantung jagal (penyembelih kambing) yang menyuplai warung kami," ujarnya.

Terkait harganya, Junianto menyebut krengsengan kepala kambing Rp25 ribu per porsi dan untuk kikil kaki kambing Rp30 ribu per porsi. Meski zaman sudah modern, cara memasaknya masih dipertahankan dengan memakai kayu bakar, cara masak di awal-awal warung ini buka.

"Alhamdulillah, sampai sekarang warung kami selalu dikunjungi oleh pelanggan. Tidak hanya dari saja, tapi juga dari luar kota. Kemarin malam ada yang dibawa ke Jakarta," pungkasnya.

Sementara itu, Fendi, pelanggan warung kikil Mbah Murtini yang jauh-jauh datang dari Surabaya bersama temannya mengaku kikil kaki kambing warung Mbah Murtini memang lain dari yang lain, karena dagingnya empuk dan enak. Bumbunya terasa pas dan pedasnya juga pas.

"Kalau pas ke , saya sempatkan mampir ke warung kikil Mbah Murtini ini," ucapnya. (uji/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO