Puluhan Bus di Bojonegoro Diketahui tak Layak Angkut Penumpang

Puluhan Bus di Bojonegoro Diketahui tak Layak Angkut Penumpang DORONG. Salah satu bus jurusan Bojonegoro-Cepu yang harus didorong karena mengalami masalah pada akinya. Foto: Eky nurhadi/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro melakukan pengecekan terhadap kelayakan bus yang ada di terminal Bojonegoro, Selasa (7/7). Pengecekan itu untuk mengetahui kondisi bus apakah layak atau tidak untuk transportasi arus mudik lebaran mendatang.

Hasilnya, ada puluhan bus yang tak layak untuk mengangkut penumpang. Ketidaklayakan itu terlihat dari kondisi ban bus yang menggunakan ban vulkanisir, tak dilengkapi wiper (pembersih kaca), lampu mobil tak lengkap, lengan kemudi longgar, kaca depan bus pecah, badan bus penuh karat, hingga aki bus tak berfungsi normal.

Kondisi bus seperti itu terlihat pada bus cendana yang memiliki trayek Bojonegoro-Ngawi, Bojonegoro-Ngnajuk, dan Bojonegoro-Jatirogo. Bus-bus tersebut berkapasitas 24 kursi penumpang.

“Hari ini, banyak bus yang kondisinya tak laik tidak datang di terminal ini. Kami akan mengecek kondisi bus hingga H+4 nanti, termasuk akan mengecek bus yang sedang di jalan," ujar Kepala Dishub Bojonegoro, Iskandar, Selasa (7/7).

Di sela ikut mengecek bus, Iskandar mengetahui seorang sopir bus jurusan Bojonegoro-Jatirogo meninggalkan terminal ketika petugas sedang sibuk mengecek bus lainnya. Diduga bus itu tidak layak sehingga tidak berani mengikuti pemeriksaan. “Ya seperti itu, sudah terlihat kondisinya seperti itu, tapi dia menghindari petugas,” jelasnya.

Uniknya, lagi, ada sebuah bus jurusan Bojonegoro-Cepu yang akinya tak normal sehingga harus didorong lima orang supaya bisa berjalan. (nur/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO