Senin, 25 Januari 2021 13:31

Razia Pasar, Petugas Temukan Daging Busuk dan Glonggongan di Kediri

Kamis, 02 Juli 2015 18:48 WIB
Razia Pasar, Petugas Temukan Daging Busuk dan Glonggongan di Kediri
Petugas saat memeriksa daging busuk di Pasar Ngaglik Kelurahan Ngadisimo kota Kediri. (foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Mengantisipasi peredaran daging tak layak konsumsi, Dinas Pertanian Kota Kediri melakukan sidak di sejumlah pasar tradisional di Kota Kediri. 

Berawal dari Pasar Setono Betek, tim gabungan terdiri dari Dinas Pertanian, sejumlah dokter hewan dan Kepolisian, memeriksa sejumlah penjual daging. Di sana petugas menemukan sejumlah daging telah busuk juga daging dengan kualitas air berlebih.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh. Sigit Setiono, menemukan banyak pelanggaran di antaranya kualitas daging terkait kadar air lebih dari 80 persen.

“Kami berharap program ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal), bisa dijalankan di Kota Kediri. Terkait ada temuan tadi, masuk unsur pidana dan kami serahkan sepenuhnya kepada pihak Kepolisian,” jelas Sigit.

Saat mendatangi Pasar Ngaglik, petugas gabungan menemukan tumpukan daging busuk yang berada di dalam freezer (almari pendingin) di toko penjual daging milik Yuli yang berada di ujung pertigaan. Begitu juga daging dengan kadar air cukup tinggi, digantung dalam kondisi siap penjual.

Tim ahli Dinas Pertanian, drh. Puji segera meminta agar daging tersebut untuk dimusnahkan karena jelas menyalahi aturan. ‘‘Bisa dilihat daging telah busuk, dari baunya sudah terasa. Kemudian daging dengan kadar air berlebih serta ada daging tidak bersih masih ada kotor dan dikerubungi penuh ulat kecil,” jelas drh. Puji.

Petugas gabungan kemudian meminta membuang karena razia ini masih bersifat pembinaan. Ironisnya, mereka ternyata memotong daging sendiri dan hanya membeli selembar kertas ijin yang dibuat mantri hewan.

Terkait masalah ini, Dinas Pertanian melalui Bidang Kesehatan Hewan merekomendasi Kepolisian untuk menindaklanjuti ke ranah hukum terkait kualitas daging yang menyalahi pelayanan kepada konsumen. (rif/rvl)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...