Jelang Lebaran, Dishub Jombang Razia Armada Bus di Terminal Kepuhsari Jombang

Jelang Lebaran, Dishub Jombang Razia Armada Bus di Terminal Kepuhsari Jombang Petugas Dinas perhubungan sedang melakukan pemeriksaan armada bus. (foto: rony suhartomo/BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Jelang arus mudik lebaran, Petugas Gabungan dari Kepolisian Polres Jombang dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jombang melakukan razia kendaraan umum di terminal Kepuhsari Jombang Jawa Timur. Razia angkutan umum ini dilakukam agar dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang.

"Ada dua kategori razia yang kami lakukan saat ini, yakni yang merupakan kewenangan pihak kepolisian dan kewenangan kami selaku dinas perhubungan. Kewenangan kami yakni berfokus pada kelayakan jalan angkutan umum yang akan beroprasi selama mudik lebaran dan arus balik," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang, Iman Sudjianto, Kamis (2/7/2015).

Iman menambahkan dalam razia yang dilakukan kali ini pihaknya menemukan sejumlah armada bus yang dinilai kurang layak jalan. Yakni ada yang kaca depan pecah, ban yang sudah aus serta wiper dan lampu yang tidak berfungsi dengan baik.

"Jika kondisi seperti ini dibiarkan maka akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Bagi armada yang ketahuan tidak layak jalan maka akan kita tilang sebagai sanksinya dan memberikan surat rekomendasi kepada PO untuk segera melakukan perbaikan," imbuhnya.

Saat disinggung perilaku sopir bus yang sering ugal-ugalan dijalan, iman mengatakan bahwa kewenangan pihaknya hanya sebatas memberikan teguran kepada PO armada bus. "Kita hamya bisa mengingatkan dan memberikan teguran kepada PO bus semua itu tergantung dari PO bus tersebut," pungkasnya. (jbg1/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO