60 Senpi Anggota Polres Bojonegoro Diperiksa Jelang Pengamanan Lebaran

60 Senpi Anggota Polres Bojonegoro Diperiksa Jelang Pengamanan Lebaran PERIKSA. Anggota Provos saat memeriksa puluhan senjata api milik anggota Polres Bojonegoro. Foto: Eky Nurhadi/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 60 senjata api (senpi) milik anggota Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro diperiksa. Pemeriksaan yang dilakukan anggota Provos itu sebagai bentuk persiapan awal menjelang pengamanan lebaran mendatang.

"Pemeriksaan senpi ini untuk memastikan kelayakan dan kelengkapan surat izinnya. Selain itu juga sebagai persiapan menjelang operasi ketupat," ujar Waka , Kompol Ikhwanudin usai memantau pemeriksaan senpi di halaman Polres setempat, Rabu (1/7/2015).

Dalam pemeriksaan itu diketahui seluruh kondisi senpi bagus, amunisinya juga masih lengkap. Namun, dari 60 senpi yang diperiksa itu ada lima senpi yang ditarik dari pemegangnya. Sebab, dua dari lima senpi itu pemegangnya dilakukan mutasi. Seperti halnya anggota Polsek Kedewan yang pindah ke Reskoba dan anggota Polsek Dander pindah ke Reskrim.

"Karena fungsi senpinya beda, jadi dua senpi milik anggota yang dimutasi itu kita tarik sementara," ujarnya.

Selain dua itu, tiga senpi lainnya juga ditarik anggota Provos karena surat izin pemakaiannya telah habis. Meski demikian, tiga anggota pemegang senpi itu masih bisa menggunakan dengan syarat melakukan pengurusan surat izin dan melakukan tes ulang sikologi di Polda Jawa Timur.

"Masa berlaku surat senpi itu selama satu tahun. Kalau sudah habis harus melakukan tes ulang sikologi di Polda," tambahnya.

Ditambahkan, di seluruh Bojonegoro anggota kepolisian yang memegang senpi sebanyak 188. Jumlah itu sudah termasuk 28 Polsek jajaran di Kota Ledre. Sementara itu, pengamanan lebaran yang dilakukan akan dimulai pada H-9 hingga H+7 lebaran.

"Kurang lebih sebanyak 250 personil gabungan kita libatkan dalam pengamanan lebaran tahun ini," pungkasnya. (nur/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO