Dampingi Wapres di Unija Sumenep, Gubernur Khofifah Harap SDM Madura Berdaya Saing Global

Dampingi Wapres di Unija Sumenep, Gubernur Khofifah Harap SDM Madura Berdaya Saing Global Gubernur Khofifah ketika mendampingi Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, memberikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-37 Universitas Wiraraja, Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Gubernur mendampingi Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, memberikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-37 Universitas Wiraraja (Unija), , Rabu (9/8/2023).

Dalam kesempatan itu, mantan Menteri Sosial itu menyampaikan komitmennya terhadap peningkatan kualitas SDM di Madura sebagaimana pesan dalam orasi ilmiah yang disampaikan Wapres RI. Komitmen ini terlihat dari berbagai program yang menempatkan Madura sebagai salah satu prioritas dalam berbagai program pembangunan.

menjelaskan, peningkatan kualitas SDM Madura juga terlihat dari keberadaan perguruan tinggi di Madura. Salah satunya Universitas Wiraraja yang memiliki motto Be Global Entrepreneur with Nationality Character.

"Kami berharap akan lahir banyak SDM dari Madura utamanya lulusan dari Universitas Wiraraja yang dapat menjadi teladan, memberi inspirasi, memiliki keterampilan kewirausahaan, serta berkarakter kebangsaan dalam bidang keilmuan masing-masing. Serta dapat berkontribusi dalam persaingan global tentu dengan nafas religiusitas yang kuat," paparnya.

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di Jatim termasuk Madura, lanjut , bersinergi dengan Baznas Jatim melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS). SKSS merupakan program beasiswa bagi keluarga kurang mampu agar mereka dapat melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan tinggi atau sarjana.

Melalui program ini, lanjutnya, kesempatan masyarakat kurang mampu untuk meningkatkan kualitasnya semakin terbuka lebar. Selain itu, program ini juga mendorong persentase Harapan Lama Sekolah (HLS) masyarakat Madura.

“Pendidikan itu pondasi dari segala pembangunan suatu daerah. Oleh karena itu penting agar masyarakat bisa mendapat akses pendidikan hingga perguruan tinggi,” kata .

Menurut dia, melalui akses pendidikan yang berkualitas akan melahirkan generasi-generasi yang berkualitas pula. Mereka nantinya diharapkan bisa membawa perubahan dan pengembangan di berbagai sektor menjadi lebih baik.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO