7 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

7 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan 7 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Donor darah memiliki banyak manfaat, baik bagi pendonor maupun penerima. Menurut Palang Merah Indonesia () kebutuhan darah transfusi mencapai 2 persen dari total penduduk Indonesia. Hal itu menjadi momen yang tepat untuk menyebarkan kebaikan sekaligus menyehatkan tubuh.

Dilansir dari Halodoc, berikut , yaitu:

1. Mendeteksi penyakit

Sebelum melakukan donor darah, dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit tertentu yang terdapat di dalam tubuh. Terdapat beberapa tes yang perlu dilakukan, seperti HIV, sifilis, hepatitis B/C, hingga malaria.

Prosedur ini dapat menjadi tanda bagi pendonor untuk memperhatikan kondisi kesehatannya. Pendeteksian penyakit dilakukan demi mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui transfusi darah.

2. Meningkatkan produksi sel darah

Kegiatan donor darah dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Setelah donor darah, sel darah memang memang akan berkurang, namun sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang.

Proses terbentuknya sel darah merah baru memerlukan waktu beberapa minggu. Seseorang yang mendonorkan darahnya secara teratur akan menstimulasi tubuhnya untuk membentuk darah baru yang segar.

3. Menjaga kesehatan jantung

Donor darah bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Rutin mendonorkan darah dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen.

Selain itu, menyumbangkan darah bisa meminimalisir risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Manfaat donor darah dapat membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO