Polisi Tangkap Pembobol Website Pemprov Jatim dan ITS

Polisi Tangkap Pembobol Website Pemprov Jatim dan ITS Konferensi pers terkait peretasan website Pemprov Jatim. Foto: RUSMIYANTO/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Petugas dari Subdit V/Siber Ditreskrimsus Polda Jatim menangkap pembobol website resmi milik dan ITS. Mereka berinisial AT (27) dari Cirebon, Jawa Barat, dan MA alias Master Cakil.

Kedua pelaku yang tak tamat SMP atau hanya berijazah SD itu tak butuh waktu lama untuk meretas website milik pemerintah, hanya 10 menit. Secara autodidak, AT dan MA melakukan tindak kriminal di dunia siber sejak Februari 2023.

"Modusnya tersangka melakukan peretasan terhadap website pemerintahan dan pendidikan khususnya di Jawa Timur. (tpka.its.ac.id) untuk dijadikan sebagai sarana meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) konten perjudian," kata Wadirreskrimsus Polda Jatim AKBP Arman, saat konferensi pers, Rabu (31/5/2023).

"Sedangkan motif tersangka melakukan perbuatan tersebut untuk mendapat keuntungan sejumlah Rp200 ribu dari menjual website yang sudah tertanam backdoor yaitu (tpka.its.ac.id/fz.php). Keuntungan yang didapat oleh MA dengan meretas iklan judi online yang menempel di website selama satu bulan sebesar Rp10 juta," imbuhnya.

Tersangka sebagai hacker ingin menunjukkan eksistensi diri bahwa telah berhasil meretas website pemerintahan (go.id atau ac.id). Website resmi ITS diperuntukkan sebagai sarana untuk tes potensi akademik bagi calon pendaftar program pascasarjana ITS. 

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO