PDIP Istimewakan Calon Bupati-Wali Kota Incumbent, Tak Perlu Ikut Tahapan Psikotest

PDIP Istimewakan Calon Bupati-Wali Kota Incumbent, Tak Perlu Ikut Tahapan Psikotest Lambang partai PDIP

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Janji DPD Jatim jika tidak ada perlakuan khusus bagi calon yang akan maju dalam pilkada serentak pada Desember 2015 mendatang ternyata hanya isapan jempol belaka. Buktinya, memberikan perlakuan istimewa kepada kandidat calon kepala daerah incumbent.

Saat melalui tahapan psikotest yang digelar di kantor DPD Jatim di Jalan Kendangsari Surabaya, Jumat (15/5) calon incumbent tak perlu melalui tes ini. Padahal psikotes adalah rangkaian tahapan dalam penjaringan calon kepala daerah melalui partai moncong putih ini. Sontak hal itu menjadi rasan-rasanan sejumlah bakal calon kepala daerah non incumbent.

Terkait keistimewaan itu tidak dibantah oleh Sekretaris DPD Jastim, Sri Untari. Menurutnya tidak ada yang salah dengan ketidakhadiran calon kepala daerah incumbent dalam tahapan penjaringan. Anggota Komisi C DPRD Jatim ini membantah kalau para calon incumbent mendapat perlakuan khususus. Politisi asal Malang tersebut menilai semua berjalan sesuai aturan.

"Memang, mekanisme di partai kami, para incumbent dari tak perlu mengikuti psikotest. Mereka sudah teruji di depan publik," kata Sekretaris DPD Jatim Sri Untari, Minggu (17/5).

Para incumbent ini adalah mereka yang lima tahun lalu diusung . Mereka adalah Azwar Anas (Banyuwangi), Samanhudi (Kota Blitar), Budi Santoso (Ngawi), Hariyanti (Kabupaten Kediri), dan Tri Rismaharini (Surabaya).

Tidak hanya saat psikotest, saat uji kelayakan, para incumbent itu juga memilih mengabaikan tahapan penjaringan bakal calon melalui uji kelayakan. Risma, Anas, Samanhudi, dan Budi tak hadir dalam uji kelakuan. Namun Hariyanti hadir.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO