Jaga Predikat Kota Toleran, Pemkot Kediri Launching Kampung Moderasi Beragama

Jaga Predikat Kota Toleran, Pemkot Kediri Launching Kampung Moderasi Beragama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Kediri, Ferry Djatmiko, saat memukul gong sebagai tanda peluncuran kampung moderasi beragama. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Berdasarkan hasil survey dari SETARA Institut tahun lalu, Kota masuk 10 besar kota paling toleran di Indonesia. Untuk mempertahankan predikat tersebut, Pemkot  bersama dengan FKUB melaunching kampung moderasi beragama, Senin (21/11/2022) malam.

Ketua FKUB Kota , Muhammad Salim, mengatakan bahwa kampung moderasi beragama merupakan bentuk manifestasi dari upaya pemerintah daerah setempat bersama pihaknya untuk menjaga kerukunan di lingkungan masyarakat.

"Kampung moderasi adalah pengejawantahan dari konsep moderasi beragama, yang mana hal ini merujuk kepada sikap dan upaya menjadikan agama sebagai dasar dan prinsip, untuk selalu menghindarkan perilaku ekstrem (radikalisme), serta selalu mencari jalan tengah yang menyatukan dan membersamakan semua elemen dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa Indonesia," paparnya.

Ia menambahkan, ada tiga indikator utama dalam pembentukan kampung moderasi beragama. Ketiga indikator itu meliputi indeks toleransi, tingkat kesetaraan dan indeks kerjasama.

"Berdasarkan ketiga parameter tersebut kami sepakat untuk melaunching kampung moderasi beragama di masing-masing kecamatan. Kelurahan Burengan (Kecamatan Pesantren), Kelurahan Pakelan (Kecamatan Kota) dan Kelurahan Mojoroto (Kecamatan Mojoroto)," tuturnya.

Sebelumnya, kata Salim, FKUB Kota dalam lima tahun terakhir aktif melakukan pendampingan pada sejumlah wilayah ini sebagai daerah percontohan di masing-masing kecamatan.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO