KPU Jatim Dorong Partisipasi Aktif Perempuan Magetan dalam Pemilu 2024

KPU Jatim Dorong Partisipasi Aktif Perempuan Magetan dalam Pemilu 2024 KPU Jatim saat menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih yang diikuti puluhan kader organisasi perempuan di Magetan. Foto: Ist

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Jatim kembali menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam rangka menyukseskan . Kali ini, penyelenggara pesta demokrasi itu mengadakan agenda tersebut bersama 50 pemilih perempuan di .

Komisioner Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, mendorong para perempuan untuk terlibat aktif dalam setiap tahapan penyelenggaraan . Menurut dia, peran perempuan menjadi modal besar suksesnya agenda 5 tahunan ini.

“Perempuan harus mengambil peran, karena jumlah pemilih perempuan lebih banyak dibanding laki-laki,” ujarnya, Rabu (26/10/2022).

Puluhan wanita yang hadir merupakan bagian dari Muslimat Nahdlatul Ulama, Fatayat NU, Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Korps PMII Putri, dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama di tingkat kabupaten.

Selain jumlah pemilih yang tinggi, berdasarkan data yang dimiliki Jatim menyebut tingkat partisipasi perempuan pada dua kali pemilu terakhir mengalami peningkatan. Termasuk di Pemilu 2019, yang mana partisipasi perempuan sebesar 84 persen selisih 4 persen dari laki-laki sebesar 80 persen.

Mengenai tingkat pendidikan, Gogot tidak sepakat adanya anggapan bahwa tingkat pendidikan perempuan lebih rendah dibanding laki-laki. Ia mengungkapkan, ada 76.804 perempuan sedang menempuh jenjang S1, sedangkan laki-laki sebanyak 61.861. 

"Artinya, tingkat pendidikan perempuan kompetitif dengan laki-laki,” kata Gogot.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO