Bentuk BUMD Pangan Mandiri, Pemkab Bojonegoro Jamin bakal Serap Gabah Petani

Bentuk BUMD Pangan Mandiri, Pemkab Bojonegoro Jamin bakal Serap Gabah Petani Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Bojonegoro, Djoko Lukito, saat memberi pemaparan.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Pemkab membentuk Perusda atau badan usaha milik daerah (BUMD) bidang pertanian untuk mengoptimalkan tata niaga komoditas beras dan hasil pertanian lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk mensejahterakan petani di wilayah tersebut.

"Pemkab juga melaksanakan program petani mandiri dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan petani yang memiliki lima fasilitas, di antaranya adalah jaminan pembelian hasil pertanian bekerja sama dengan BUMD dan BUMDesa," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten , Djoko Lukito, Jumat (26/8/2022).

Ia menuturkan, Pemkab turut menjalankan program bantuan keuangan khusus kepada desa untuk penguatan modal senilai Rp100 juta per BUMDesa untuk pengembangan usaha agrobisnis.

"Kesepakatan dan komitmen antara Pemerintah dengan BUMDesa dalam optimalisasi penyerapan hasil pertanian bekerja sama dengan Bulog juga optimalisasi pelaksanaan program petani mandiri," tuturnya.

Sementara itu, Bupati , Anna Mu'awanah, menyebut pihaknya memberi bantuan keuangan pada BUMDes agar dapat meningkatkan pengembangan usaha di sektor agrobisnis. Pemkab mendukung setiap program berbasis pedesaan melalui sektor pertanian, dan penyerapan gabah diharapkan dapat langsung melalui sejumlah pihak yang ditunjuk.

"BUMDesa bekerja sama dengan BUMD Pangan Mandiri, dan BUMD akan segera MoU dengan Bulog. Maka hari ini, kita rapat diskusi termasuk penataan tata kota acara pelaksanan MoU BUMN, BUMD, dan dinas terlaksana dengan baik," kata Anna. (nur/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO