Ratusan Pecatur unjuk Kemampuan di YYEP Chess CUP 2022

Ratusan Pecatur unjuk Kemampuan di YYEP Chess CUP 2022 Suasana YYEP CHESS CUP 2022.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ratusan pemain catur dari berbagai daerah mengikuti YYEP CHESS CUP 2022. Agenda yang diikuti para pecatur dari beragam jenjang usia itu berlangsung di Pendopo YYEP, Kecamatan Waru, Kabupaten , Minggu (7/8/2022). .

"Turnamen Catur ini yang pertama digelar dan terbuka untuk umum. Tidak dibatasi usia maupun daerah merebut Trophy dan hadiah yang menarik tentunya," kata Ketua Panitia YYEP CHESS CUP 2022, Bambang Suryono.

Ia menjelaskan, liga catur seperti ini digelar untuk menumbuhkan bibit-bibit pecatur baru, khususnya dilingkup Percasi Kudus. Para pecatur muda yang mempunyai kejelian dan kemampuan lebih dalam turnamen ini diharapkan bisa mengikuti ajang yang lebih tinggi.

"Pertandingan menggunakan sistem swiss tujuh babak, setiap para pecatur bermain tujuh kali dengan sistem random yang sudah ditentukan. Yang paling banyak nanti poinnya nanti yang menjadi juaranya," paparnya.

"Kami sudah siapkan hadiah uang tunai dengan total Rp 1 juta. Hadiah untuk juara Trophy sampai peringkat 3, dan doorpize di beberapa peringkat yang sudah kami pilih sebelumnya,“ tuturnya menambahkan.

Selain itu, Edy Widodo selaku Dewan Pembina Yayasan Yayuk Edi Peduli mengatakan bahwa melalui gelaran perlombaan ini diharapkan dapat mengasah kemampuan peserta sejak dini. Menurut dia, kegiatan yang diadakan tidak hanya sekadar untuk bertanding namun juga untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan di antara anak bangsa, terutama pecatur.

“Dengan ada lomba catur ini dapat menciptakan generasi muda yang berprestasi dalam bidang olahraga catur baik di tingkat provinsi atau nasional, bisa menjadi tempat berlatih sekaligus mengasah kemampuan para atlet catur, agar bisa lebih banyak lagi menghasilkan prestasi yang membanggakan Indonesia," kata Edi.

“Pertandingan catur bukan semata tempat berkompetisi dalam rangka olahraga tetapi juga sebagai sarana untuk membangun persahabatan dan silaturahmi,” imbuhnya.

Senada, Ketua PERCASI Kabupaten , Yusuf Satriyono, mendukung lomba catur serta Turnamen sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya meningkatkan kapasitas pecatur di daerah. Ia menilai, kegiatan yang demikian perlu dilakukan secara rutin dan sering agar prestasi pecatur di tanah air terutama di Kabupaten tak kalah dengan pecatur lainnya.

“Turnamen ini merupakan salah satu instrumen untuk meningkatkan prestasi dan kapasitas pecatur,” ucap Yusuf. (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO