Pemprov Jatim Tanam Pohon Massal dan Tebar Bibit Ikan di Bendungan Semantok Nganjuk

Pemprov Jatim Tanam Pohon Massal dan Tebar Bibit Ikan di Bendungan Semantok Nganjuk Suasana penanaman pohon massal di Bendungan Semantok, Nganjuk.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menggelar peringatan tingkat nasional dengan melakukan penanaman pohon secara masif dan serentak yang berpusat di , . Terdapat 1.500 pohon yang terdiri dari jenis pohon dan buah Alpukat Aligator, buah Sawo, Bambu Petung, Mangga, Rambutan, Aren dan lain-lain, yang ditanam di sana.

Penanaman pohon dilakukan secara serentak dengan total bibit pohon yang ditanam pada peringatan ke-30 Tahun 2022 Jatim sebanyak 51.375 bibit pohon di 33 lokasi (balai/dinas/upt), serta di kabupaten/kota.

“Di peringatan ini, mari kita satukan semangat bersama untuk mengilhami bahwa sumber daya air adalah sumber kehidupan yang harus kita jaga dan lestarikan keberlanjutannya,” kata Gubernur Khofifah di tengah kunjungan kerjanya untuk mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, di Ponorogo, Rabu (30/3/2022).

Dalam agenda bertajuk 'Air Tanah, Membuat yang Tak Terlihat, Terlihat', Khofifah mengajak seluruh elemen masyarakat memberikan perhatian lebih pada sumber daya air yang tersembunyi. Karenanya, guna memaksimalkan dan mengoptimalkan pelestarian air tanah, pemerintah terus menggencarkan penanaman pohon sehingga bisa membantu ketersediaan dan ketercukupan air tanah.

Menurut gubernur, sumber air tanah memiliki makna yang sangat penting tetapi belum sepenuhnya semua pihak memberikan perhatian dalam menjaganya. Untuk itu, peringatan di tingkat global tahun ini dijadikan momen menjelaskan peran vital air tanah dalam sistem air dan sanitasi, pertanian, industri, ekosistem, dan adaptasi perubahan iklim.

“Sangat penting mengeksplorasi, melindungi, dan menggunakan air tanah secara berkelanjutan menjadi inti untuk bertahan dan beradaptasi dengan perubahan iklim. Agar ekosistem alam kita bisa terus terjaga,” ucap Khofifah.

Terlebih, menjaga keseimbangan ekosistem tidak hanya akan berimbas pada keberlangsungan alam, melainkan juga kelangsungan hidup manusia hingga masa yang akan datang.

“Dengan menanam pohon yang masif di kawasan hulu akan menjaga kontinuitas pasokan air tanah. Pohon-pohon yang kita tanam memberikan kemampuan untuk meningkatkan peresapan air tanah. Penanaman pohon di daerah hulu insya allah upaya efektif kita untuk menjaga keseimbangan alam,” urai Khofifah.

Ia menyebut, sumber daya air tanah yang berlimpah harus terus dikelola secara berkelanjutan sehingga menjadi sumber daya inti dalam kondisi adaptasi perubahan iklim. Apalagi, air tanah kini merupakan sumber yang bersifat conjunctive use/digunakan bersama-sama secara bijak dengan air permukaan.

Lihat juga video 'Plt Bupati Nganjuk Launching Vaksin PMK di Loceret':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO