​Mahasiswa Doktoral Indonesia di UK Dituntut Berkolaborasi Selesaikan Masalah Multidimensi

​Mahasiswa Doktoral Indonesia di UK Dituntut Berkolaborasi Selesaikan Masalah Multidimensi Atdikbud KBRI London, Khairul Munadi, saat memberi arahan kepada mahasiswa doktoral Indonesia di UK.

LEEDS, BANGSAONLINE.com - Pelajar Indonesia di luar negeri, khususnya yang menempuh doktoral di (UK), diminta untuk terus menjaga soliditas dan memobilisasi potensi-potensi yang ada agar lebih berdampak untuk Indonesia.

Hal itu diungkapkan Atase dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI London, , dalam acara yang diselenggarakan Doctoral Epistemic of Indonesian in the United Kingdom () di Kota Leeds, Sabtu (25/2/2022)

"Di dalam teori, masalah penelitian umumnya bisa dianalisis menggunakan satu atau dua disiplin keilmuan. Namun dalam kehidupan nyata (empiris), masalah di masyarakat selalu multidisiplin. Oleh karenanya, para generasi penerus bangsa perlu menyadari situasi multidispliner tersebut dan mau untuk terus bekerja secara kolaboratif," ujarnya.

Ia mengapresiasi berdirinya yang menjadi sebuah wadah untuk mahasiswa doktoral Indonesia untuk berjejaring. Sebab, kata Khairul, kerja kolaboratif untuk membangun Indonesia tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri.

Khairul memaparkan beragam jenis layanan untuk mendukung para mahasiswa PhD, seperti surat keterangan selesai studi, surat keterangan akreditasi, surat keterangan pindah sekolah anak, dan pengisian sasaran kerja pegawai (SKP)/DP3 bagi ASN. Selain beragam layanan itu, pihaknya terbuka dengan jenis layanan lain yang mungkin dibutuhkan dan relevan.

“Untuk meningkatkan pelayanan, tahun ini kami sedang membangun aplikasi agar dapat memberikan pelayanan secara digital dan lebih cepat,” kata Khairul.

Dalam agenda bertajuk 'Atdikbud Essential Supports and PhD Networking Session', Ketua , , menyebut mahasiswa PhD adalah aset negara yang strategis. Mahasiswa PhD di ini menganggap, mereka perlu diberdayakan dengan baik agar memberikan kontribusi nyata dan berdampak luas untuk Indonesia yang disebut 'signifikan'.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO