Rabu, 12 Mei 2021 03:32

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura

Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
Editor: mma

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura.

Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang narator – mereview anekdot yang bercerita tentang kunjungan BJ Habibie ke sebuah pondok pesantren di Madura.

“Saat itu Pak Habibie masih menjabat sebagai Menristek, belum jadi Presiden,” tutur Mas’ud Adnan dalam anekdot kali ini.

Pondok pesantren yang dikunjungi BJ Habibie menyambut dengan suasana meriah. Di kanan-kiri jalan menuju pondok pesantren tersebut dipasang bendera dan umbul-umbul. Saat BJ Habibie dan rombongan berjalan di kawasan umbul-umbul itu tiba-tiba sang menteri berhenti. Ia terkesima dengan salah satu tiang umbul-umbul yang sangat tinggi.

“Kok tinggi sekali. Berapa tinggi tiang umbul-umbul ini,” tanya BJ Habibie heran sambil menyaksikan tiang bambu itu dari bawah hingga ke atas.

Belum ada jawaban, tiba-tiba anak muda Madura meloncat ke tiang itu. Dengan cekatan ia mengukur tinggi tiang itu sambil terus naik bambu tersebut ke atas pucuknya. Karuan saja tiang itu doyong ke kanan dan kiri. Orang yang yang menonton sama-sama ngeri dan merinding takut ia jatuh, termasuk BJ Habibie.

“Sudah, turun-turun. Nanti kamu jatuh,” pinta BJ Habibie. Anak Madura itu pun turun.

BJ Habibie yang ahli teknologi dan pesawat  terbang itu lalu bilang, “Untuk apa dinaiki tiang itu. Seharusnya kamu ambil, kamu robohkan lalu kamu ukur,” kata BJ Habibie.

Anak Madura itu tak mau kalah. “Loh, tadi Bapak Menristek kan tanya tingginya. Makanya saya naik mengukur tingginya. Kalau tiang itu saya rebahkan, lalu saya ukur, kan yang saya ukur bukan tingginya, tapi panjangnya atau rebahannya,” kata si Madura.

BJ Habibie tertawa sambil geleng-geleng kepala.

“Jadi Pak Habibie juga kalah dengan orang Madura,” kata Mas’ud Adnan yang alumnus Pesantren Tebuireng dan Pascasarjana Unair. (mma)

VIDEO TERKAIT

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...