Kadisdik Mojokerto: Nilai Unas SMP Tetap Jadi Penentu Masuk SMA

Kadisdik Mojokerto: Nilai Unas SMP Tetap Jadi Penentu Masuk SMA Yoko Priyono Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto saat memberikan keterangan. foto: Rochmad Aris/BangsaOnline.com

MOJOKERTO (BangsaOnline) - Pelaksanaan Ujian nasional (UN) tahun 2015 akan diselenggarakan pada 13-15 April 2015 untuk SMA/SMK/sederajat dan 4-6 Mei 2015 untuk SMP/sederajat. Sekolah diberikan kewenangan menilai secara komprehensif seluruh komponen pada siswa untuk menyatakan tamat atau tidaknya peserta didik dari jenjang pendidikan tertentu.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Yoko Proyono menyampaikan, UN hanyalah satu dari sekian banyak indikator dalam standar nasional pendidikan. Oleh karena itu, tidak bijak jika dijadikan sebagai salah satu penentu kelulusan siswa. Evaluasi hasil belajar, UN bukan hanya satu-satunya, tetapi satu dari banyak indikator untuk menilai kinerja layanan pendidikan.

”UN seharusnya memberi dampak positif bagi siswa, guru, dan komunitas pendidikan yang lebih luas lagi. Bagi para pelajar SMP, UNAS tetap difungsikan sebagai salah satu syarat masuk SMA Negeri dan untuk pelajar SMA dijadikan salah satu syarat untk masuk perguruan tinggi negeri (PTN),” terang Yoko Priyono kepada BangsaOnline.com Senin (23/3)

Menurut Yoko, Nilai Ujian Nasional (Unas) sekarang memang bukan salah satu menjadi penentu kelulusan, namun masih dipakai menjadi persyaratan penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SMA. Oleh sebab itu, semua sekolah SMP tetap mempersiapkan berbagai persiapan menjelang Unas SMP yang akan dilaksanakan pada 4-7 Mei 2015 mendatang.]

“Dinas Pendidikan telah melakukan koordinasi dengan MKKS SMP dan MKKS SMA Negeri maupun Swasta untuk memantapkan pelaksanaan UN dimasing masing sekolah. Pertama, adanya tambahan mata pelajaran Unas sebaanyak empat kali dalam seminggu, tambahan ini diberikan pada awal jam atau mata pelajaran, memasuki semester genap siswa diberi tryout yang diselenggarakan secara mandiri oleh masing masing sekolah. Pihak sekolah juga mengundang para orang tua secara rutin, sebab para orang tua juga bagian dari dukungan dari para peserta Unas dalam keberhasilan melaksanakan Unas mendatang dimasing masing lembaga pendidikan,” jelas Yoko Priyono.

Sedangkan, Ketua MKKS SMA Negeri Kabupaten Mojokerto, Hj Endang Binarti Spd M Mpd mengatakan, MKKS SMA Negeri sudah jauh jauh telah mempersiapkan dengan matang akan pelaksaknaan Ujian Nasional Tahun 2015.

”Kami telah mendapat arahan dan menjalin koordinasi dengan Kantor Dinas Pendidikan tentang pematangan persiapan dalam menyambut pelaksanaan Ujian Nasional. Untuk PPDB, kami akan tetap melaksanakan semua arahan maupun petunjuk dari Kantor Dinas Pendidikan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO