Gandeng PBNU, Perhutani Ajak Kiai NU Tuban Bentuk Da’i Kehutanan

Gandeng PBNU, Perhutani Ajak Kiai NU Tuban Bentuk Da’i Kehutanan Dari kiri bupati Tuban H.Fathul Huda, Plt Dirjen Pembangunan kawasan pedesaan Drs. Johozua, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj, dan Dirut Perhutani Mustoha Iskandar. foto: Suwandi/BangsaOnline.com

TUBAN (BangsaOnline) - Dalam rangka penyelematan lingkungan dan pelsetarian alam, Pusat menggandeng Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak kiai NU di Kabupaten Tuban untuk membentuk da’i kehutanan.

Kegiatan yang diresmikan di Pendopo Krido Manunggal pada sabtu (14/3) pagi itu, juga dibarengi dengan halaqoh pembangunan desa dan pelatihan pendampingan da’i kehutanan bagi kader NU.

Direktur Utama , Ir. Mustoha Iskandar ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan menyatakan bahwa tujuan perhutani menggadeng kiai NU adalah agar setiap melakukan da’i maupun khotbah jum’ah selalu menyampaikan pentingnya menjaga hutan dan pelestarian alam. Sehingga, dengan dibentuknya da’i kehutanan ini, kiai NU bisa mengerti wawasan kehutanan maupun pelestarian alam.

“Kalau pegawai perhutani dilatih da’i kayaknya sulit berhasil, maka dari itu kami berinisiatif menggandeng kiyai NU agar selalu menyampaikan tentang wawsan lingkungan setiap melakukan dakwah dimasyarakat,” katanya.

Dijelaskan Mustoha Iskandar, da’i kehutanan yang berasal dari kalangan kiai NU ini diharapkan mampu memiliki desa dan mushala binaan. Bahkan, mampu mengajarkan para santri agar mengerti tentang wawsan lingkungan dan manfaat hutan bagi masyarakat. Sehingga, pemanfaatan hutan maupun pelestariannya sesuai aturan dan berhasil secara maksimal.

“Disitu para da’i juga diberi wawasan, bagaimana caranya memanfaatkan hutan dengan menjaga ekosistem lingkungan hutan,” jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO