Nestapa Pegiat Seni di Tuban, Jual Perhiasan Hingga Gadai Sertifikat Demi Bertahan Hidup

Nestapa Pegiat Seni di Tuban, Jual Perhiasan Hingga Gadai Sertifikat Demi Bertahan Hidup Sejumlah waranggono dalam sebuah acara.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh masyarakat. Tak terkecuali bagi pegiat seni di Kabupaten .

Selama hampir dua tahun terakhir mereka tidak pernah ada job manggung akibat pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Selama itu pula, mereka tidak mendapatkan penghasilan. Untuk bertahan hidup, mereka hanya mengandalkan sisa tabungan yang dimiliki.

"Sudah 1,5 tahun tidak kerja. Jika tidak ada aturan PPKM, tarif job bisa didapat mulai Rp 300 ribu-Rp 1,5 juta per orang," ujar Suyono, salah satu saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Minggu (29/8/2021).

Ironisnya, para seniman juga tak tersentuh bantuan sosial dari pemerintah. Suyono mengaku selama ini hanya bisa pasrah mengandalkan pemberian putrinya yang bekerja konveksi di Bojonegoro.

Sebab, dua sepeda motor hasil kerja kerasnya selama ini telah terjual untuk kebutuhan sehari-hari keluarganya.

"Sekarang tidak ada penghasilan apapun, dua motor sudah saya jual untuk kebutuhan sehari-hari," beber pria yang sudah menggeluti pekerjaan MC sejak tahun 1975 itu.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO