Kamis, 29 Juli 2021 16:42

Tindak Lanjuti Sertifikat Laik Hygiene, Dinkes Sidak Dapur Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan

Kamis, 10 Juni 2021 18:43 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yeyen
Tindak Lanjuti Sertifikat Laik Hygiene, Dinkes Sidak Dapur Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan
Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Pamekasan dan Puskesmas Teja mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, guna menindaklanjuti permintaan pengurusan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi dan Makanan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kamis (10/6/2021). (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Pamekasan dan Puskesmas Teja mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, guna menindaklanjuti permintaan pengurusan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi dan Makanan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kamis (10/6/2021).

Kedatangan Dinas Kesehatan Pamekasan yang dipimpin Kasi Kesmas Riski Samlan, S.K.M., M.M., beserta rombongan tersebut disambut langsung Kalapas Narkotika Pamekasan Sohibur Rachman di ruang kerjanya.

Kegiatan ini berkaitan dengan imbauan Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktur Jenderal Pemasyarakatan kepada seluruh UPT Pemasyarakatan untuk menyertifikasi usaha pengelolaan makanan yang dilakukan oleh dapur LPAS, LPKA, rutan, dan lapas, dalam rangka upaya pengendalian faktor risiko kontaminasi terhadap makanan yang disajikan kepada anak, tahanan, dan narapidana.

"Jadi, seluruh usaha yang berkaitan bidang jasa boga, rumah makan, dan kantin sekolah kami awasi dan wajib memenuhi standar layak sehat sebagai upaya memenuhi standar yang aman dan untuk lapas ini pertama kalinya bagi kami untuk melakukan pengawasan dan penilaian," tutur Dr. Nur Faidah Utami, Dokter Lapas Narkotika Pamekasan.

BACA JUGA : 

Peduli Relawan Covid-19, Polres Pamekasan Berikan Bantuan Sembako untuk FRPB

Bupati Pamekasan Tolak Rencana Pemerintah Pusat Soal Revisi PP 109 Tahun 2021

Bupati Baddrut Tamam dan Kajari Sepakati Pendampingan Hukum untuk Program Prioritas Pamekasan

Usai Lebaran, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kembali Geledah Kamar Hunian dan WBP

Dr. Nur Faidah Utami menyebutkan, ada beberapa aspek yang menjadi penilaian hygiene sanitasi untuk mendapatkan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi. "Pertama pangan, kedua penjamah (penanganan makanan), ketiga tempat atau bangunan, peralatan, dan menurut saya dapur lapas ini bersih dan rapi," ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Kesmas Riski Samlan menyebut, Lapas Narkotika Pamekasan sudah layak untuk mendapatkan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi dan Makanan.

"Setelah meninjau langsung keadaan dapur dan air, Lapas Narkotika Pamekasan sudah sangat layak mendapatkan sertifikat tersebut dengan sarana prasarana yang ada. Hanya hasilnya masih menunggu hasil pemeriksaan air Lapas Narkotika Pamekasan," ungkap Riski Samlan. (yen/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...