Kamis, 13 Mei 2021 11:06

Jembatan Desa Kedawung Terancam Ambrol, Pemdes Minta Pemkab Kediri Segera Bangun Plengsengan

Selasa, 13 April 2021 13:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Jembatan Desa Kedawung Terancam Ambrol, Pemdes Minta Pemkab Kediri Segera Bangun Plengsengan
Kepala Desa Kedawung Makrus saat menunjukkan sisi Jembatan Kedawung yang tergerus air. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jembatan Kedawung yang terletak di utara Balai Desa Kedawung Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, terancam ambrol karena sisi kanan dan kirinya sudah tergerus air.

Pemerintah Desa Kedawung telah membuat penahan air yang sifatnya sementara, agar air hujan dari selokan tidak langsung langsung menggerus tanah penyangga jembatan.

Terkait hal ini, Kepala Desa Kedawung, Makrus, B.Sc. berharap Pemkab Kediri segera melakukan pembangunan plengsengan agar jembatan bisa aman dari gerusan air sungai. Apalagi saat ini curah hujan sedang tinggi.

"Sebelumnya kami sudah mengajukan proposal ke Pemkab Kediri pada tahun 2018, agar kami diberi proyek drainase. Tapi untuk pembangunan pelengseran ternyata tidak termasuk," kata Makrus saat ditemui usai mendampingi Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa di acara pelatihan pembuatan pupuk organik di Desa Kedawung, Selasa (14/4).

BACA JUGA : 

Warga Kediri Tewas Terkena Ledakan Petasan yang Dibuatnya Sendiri, Tubuh Putus Menjadi Tiga Bagian

Biaya PTSL di Desa Kayunan Rp450 Ribu per Bidang, Panitia: Sudah Atas Persetujuan Warga

Terus Perjuangkan Raperda Pengelolaan dan Perlindungan Sumber Air, ARPL Temui Kadisparbud

Bagi Warga Kota Kediri, Pasang Baru Instalasi PDAM Cukup Rp 350 Ribu, Ini Promo Ramadan

Menurut Makrus, Jembatan Kedawung ini merupakan jalan yang menghubungkan antara Desa Kedawung dengan Desa Ploso dan Desa Kraton.

"Jembatan Kedawung ini dikhawatirkan bisa ambrol, kerena jembatan ini merupakan jalan alternatif. Apabila ada kegiatan di Pondok Ploso, warga sering lewat jembatan ini," terang Makrus.

Karena itu, Makrus meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kediri untuk memperhatikan masalah ini dengan segera membangun plengsengan.

"Kami sangat berharap dengan Pemerintahan Kabupaten Kediri yang baru ini agar masalah ini mendapat perhatian dan segera dibangun plengsengan di sebelah barat dan timur jembatan Sungai Kedawung ini," pungkas Makrus. (uji/rev)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...