Tentukan Awal Ramadan, Hilal Tak Terlihat di Bukit Banjarsari Blitar

Tentukan Awal Ramadan, Hilal Tak Terlihat di Bukit Banjarsari Blitar Pengamatan hilal di Bukit Banjarsari Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Hilal untuk menetapkan 1 Ramadan tak dapat terlihat dari Bukit Banjarsari Kecamatan Wonotirto, Kabupaten , lokasi Kemenag Kabupaten melakukan rukyatul hilal.

Humas Kemenag Kabupaten Jamil Mashadi mengatakan, pengamatan hilal dilakukan selama 14 menit 19 detik. "Di Bukit Banjarsari setelah dilakukan pengamatan hilal selama 14 menit 19 detik, para pemerhati hilal menyatakan tidak bisa melihat hilal. Untuk selanjutnya hasil ini kami laporkan ke Kemenag pusat. Kemudian untuk penentuan awal Ramadan kita menunggu sidang isbat dan pengumuman resmi dari pemerintah pusat," ujar Jamil.

Usai pengamatan, dilakukan sidang untuk menetapkan bahwa lokasi di Bukit Banjarsari tidak bisa menyaksikan hilal oleh hakim pengadilan .

"Menurut pengamatan, sesuai hisab atau perhitungan posisi hilal ada di 3 derajat, 34 menit 54 detik. Ini menurut kaidah, hilal bisa dirukyat artinya memenuhi persyaratan untuk melihat bulan," jelasnya.

Perlu diketahui, sebelumnya rukyatul hilal dilakukan di Pantai Serang. Namun di pantai yang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo itu sejak pertama kali digelar tercatat hilal hanya terlihat satu kali. Untuk itu, setelah melalui berbagai pertimbangan diputuskan rukyatul hilal dipindah dari Pantai Serang ke Bukit Banjarsari sejak tahun 2019. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO